Selasa, 22 November 2022

Pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 022/PT TA 2022

Pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 022/PT TA 2022


Labuhan Batu Utara  |  Komando Resort Militer (Korem) 022/Pantai Timur menggelar latihan penanggulangan bencana alam dengan melibatkan instansi terkait, dengan mengusung Tema " Melalui Latihan Penanggulangan Bencana Alam, Korem 022/Pantai Timur Siap Melaksanakan Tugas Bantuan Kepada Pemda di Wilayah Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok Kodam l/Bukit Barisan ", kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Lapangan Kantor Bupati Labuhan Batu Utara Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhan Batu Utara, Selasa (22/11/2022).

Komandan Korem (Danrem) 022/Pantai Timur Kolonel Inf Luqman Arief, S.I.P., dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Labuhan Batu Utara (H. Samsul Tanjung ST, MH) mengungkapkan kita ketahui bersama, bahwa bencana alam merupakan suatu peristiwa luar biasa yang dapat menimbulkan kerugian bagi kita semua, baik harta benda maupun jiwa. Karena itu, dalam penanganan bencana alam diperlukan langkahlangkah yang cepat, tepat dan terintegritas, sehingga bencana alam tersebut dapat tertangani dengan optimal, mulai tahap prabencana, mitigasi dan pasca bencana. Perubahan iklim yang ekstrim saat ini, dimana sering terjadi hujan deras disertai dengan angin kencang, dapat menimbulkan ancaman terjadinya bencana banjir dan tanah longsor. Hal itu tentunya menuntut kita untuk lebih siap siaga dalam upaya penanggulangan bencana alam tersebut apabila terjadi, karena bencana alam dapat timbul dimana saja secara mendadak. Guna memelihara kesiapsiagaan itulah, maka hari ini kita melakukan kegiatan latihan sampai beberapa hari ke depan, sebagai bentuk upaya dalam rangka mempersiapkan diri dan 3 satuan terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam tersebut.


Latihan ini bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan satuan dalam merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemerintah Daerah dalam penanggulangan bencana alam. Diharapkan dalam latihan ini akan terwujud suatu konsep strategis penanggulangan bencana alam dengan membangun pola kerjasama terpadu dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait lainnya, sehingga terbangun kesamaan langkah dalam penanganan penanggulangan bencana yang terpadu, efektif dan efisien berupa Rencana Operasi Penanggulangan Bencana Alam yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Mengingat pentingnya latihan ini, saya mengharapkan kepada penyelenggara maupun 4 pelatih, agar memberikan materi-materi latihan dan tugas-tugas serta target-target operasi yang realistis sesuai dengan tuntutan tugasnya secara kreatif dan inovatif, sehingga latihan ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita bersama. Sedangkan kepada pelaku, laksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh dan rasa tanggung jawab yang tinggi serta sesuaikan dengan prosedur yang telah ditetapkan. Jangan beranggapan latihan ini hanya sekedar melaksanakan program rutin semata, tetapi latihan ini harus dijadikan sebagai bekal pengetahuan untuk bertindak dan berbuat, sekaligus gambaran langkah apa saja yang harus dilaksanakan di lapangan apabila terjadi bencana alam.


Danrem 022/PT juga memberikan penekanan yang berkaitan 5 dengan pelaksanaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 022/PT, sebagai berikut : Pertama. Perhatikan betul persoalan persoalan yang ditimbulkan dalam latihan ini, sehingga proses pengambilan keputusan dapat berjalan dengan baik dan benar sesuai yang diharapkan. Kedua. Ciptakan suasana latihan yang mencerminkan upaya peningkatan kualitas prajurit dengan cara Iebih mendekatkan materi Iatihan pada keadaan yang sebenarnya, sehingga dapat Iebih menguasai tugas pokoknya. Ketiga. Laksanakan Latihan ini dengan semangat dan penuh rasa tanggung jawab, sehingga didapatkan hasil yang optimal baik bagi penyelenggara maupun pelaku latihan. Keempat. Perhatikan faktor keamanan personel dan materiil, baik sebelum, selama maupun setelah pelaksanaan latihan, tutupnya.

Dalam pelaksanaan Upacara Pembukaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 022/PT TA 2022 tersebut turut serta dihadiri oleh, Wakil Bupati Labuhan Batu Utara, Dandim 0209/Labuhan Batu, Para Kasi Korem 022/PT, Para Pasi Korem 022/PT, Kapolres Labuhan Batu, Sekda Kab/Kota Wilayah Korem 022/PT, Kaban BPBD Kab/Kota Wilayah Korem 022/PT, Ka SAR Kab/Kota Wilayah Korem 022/PT, Kaban BPBD Kabupaten Labura, Kadis Kesehatan Kabupaten Labura, Kadis Sosial Kabupaten Labura, Ka PMI Kabupaten Labura, Ketua FKPPI Kabupaten Labura dan para Perwira Jajaran Korem 022/PT serta Undangan lainnya.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved