Rabu, 23 November 2022

Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 022/PT Simulasikan Penanganan Dan Evakuasi Korban Banjir

Latihan Penanggulangan Bencana Alam Korem 022/PT Simulasikan Penanganan Dan Evakuasi Korban Banjir


Pematang Siantar  |  Dalam rangka kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana Alam yang dilaksanakan Korem 022/Pantai Timur dan jajarannya memasuki hari ke dua pada pelaksanaannya dengan Simulasikan Penanganan dan Evakuasi Korban Banjir, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Desa Tanjung Selamat Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhan Batu Utara, Rabu (23/11/2022)

Adapun materi yang dilaksanakan hari ini antara lain Materi Pendirian Tenda Posko, Materi Operasional LCR dan OBM, Materi Sistem Peringatan Dini, Materi Evakuasi Korban di Medan Sulit dan Materi Pertolongan Darurat Lapangan. Dihari kedua pada pelaksanaan Latihan Penanggulangan Bencana Alam tersebut terlihat masing-masing tim yang terlibat semakin Gesit dan Sigap dalam rangka mempersiapkan diri mereka.

Seperti halnya yang dilakukan oleh tim dari Denbekang yang dipimpin oleh Letda Cba Heriady bersama anggotanya dengan melaksanakan Simulasi Penanganan dan Pertolongan terhadap korban yang tenggelam, simulasi Drill Kering yang saat ini kami peaktekkan sebagai pendahuluan agar nantinya ketika masuk dalam pelaksanaan semuanya sudah memang benar benar siap serta maksimal dalam pelaksanaannya, ucapnya.


Lebih lanjut Letda Cba Heriady pada pelaksanaan memberikan materi tentang Penangulangan Bencana alam sebelum, selama dan sesudah Latgulbencal, yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan simulasi evakuasi korban bencana banjir dengan menggunakan LCR serta Water Rescue pada laka air yang diikuti oleh ratusan  orang bertempat di Sungai Desa Tanjung Selamat. Latihan ini melibatkan para anggota baik pelatih dari Korem 022/PT, juga dikuti oleh personel TNI, BPBD, PMI, TAGANA dan FKPPI.

Di tempat yang sama Pabandya Lat Sopsdam I/BB Mayor Inf Kurniawan Edi Saputra  menyampaikan pentingnya koordinasi antar stikholder dan penyamaan persepsi dilapangan dalam memberikan bantuan kemanusiaan di lapangan pada saat terjadinya bencana alam. Para relawan kemanusiaan jangan sampai pilih kasih disaat memberikan bantuan korban bencana pada waktu pelaksanaan di lapangan.

Latihan dasar penanggulangan bencana wajib untuk di ikuti oleh setiap organisasi relawan kemanusiaan dalam rangka mengasah kemampuan masing-masing dalam menangani penanggulangan bencana alam. Selalu mengedepankan prosedur keamanan dan pengamanan apapun yang terjadi pada saat di lapangan. Laksanakan koordinasi berkala ke jajaran stakeholder di lapangan agar bisa maksimal dan mengurangi terjadinya miskomunikasi diantara organisasi relawan kemanusiaan, pungkas, Mayor Inf Kurniawan Edi Saputra.

Pada pelaksanaan kegiatan kegiatan Penanggulangan Bencana Alam yang dilaksanakan Korem 022/Pantai Timur dan jajarannya dengan Simulasikan Penanganan dan Evakuasi Korban Banjir tersebut turut serta dihadiri oleh, Para Kasi Korem 022/PT, Mayor Inf Kurniawan Edi Saputra (Pabandya Lat Sopsdam I/BB), Para Pasi Korem 022/PT dan Kepala BPBD Kabupaten Labuhan Batu Utara serta para Peserta.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved