Jumat, 11 November 2022

Kegiatan Survey Wawasan Diri (SDM) Bidang Kesehatan Bersama UPTD Puskesmas Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

Kegiatan Survey Wawasan Diri (SDM) Bidang Kesehatan Bersama UPTD Puskesmas Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun


Simalungun  |  Survey Mawas Diri (SMD) merupakan suatu kegiatan pengenalan dan pengkajian masalah kesehatan yang dilakukan oleh kader dan tokoh masyarakat setempat dibawah bimbingan petugas kesehatan, atau pembina wilayah desa/kelurahan. SMD sangat penting untuk dilaksanakan agar masyarakat menjadi sadar akan adanya masalah kesehatan yang sedang dihadapi, mampu mengenal, mengumpulkan data, dan mengkaji masalah yang ada dalam lingkungannya sendiri. Sehingga, timbul minat kesadaran dari masyarakat untuk mengetahui masalah kesehatan dan pentingnya masalah kesehatan tsb untuk diatasi, serta mampu untuk menggali sumber daya yang ada atau dimiliki. Hasil SMD Puskesmas kemudian akan menjadi dasar untuk menyusun pemecahan masalah yang dihadapi.

Dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 07/Bosar Maligas jajaran Kodim 0207/Simalungun Serma Temu turun kewilayah binaan untuk melaksanakan monitoring kegiatan SURVEY WAWASAN DIRI (SMD) BIDANG KESEHATAN bersama UPTD Puskesmas Ujung Padang thn 2022, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Nagori Taratak Nagodang Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun, Jumat (11/11/2022).

Dalam pelaksanaan kegiatan melaksanakan monitoring kegiatan SURVEY WAWASAN DIRI (SMD) BIDANG KESEHATAN bersama UPTD Puskesmas Ujung Padang thn 2022 tersebut turut serta dihadiri oleh, Camat Ujung Padang Bapak H.Manaon Siregar S.Pdi,M.Si, UPDT Puskesmas Ujung Padang diwakili oleh ibu Yusmiar S.K.M, Pjs Pangulu Taratak Nagodang Ibu Maizurni S.E, Bhabinkamtibmas Aipda Surya Admaja dan Bidan Desa Taratak Nagodang Ibu Nurbelida Sari.

Tujuan SMD adalah agar masyarakat mengenal masalah kesehatan yang dihadapi dan dirasakan di wilayahnya, agar masyarakat sepakat untuk bersama-sama menanggulanginya dan tersusunnya rencana kerja untuk penanggulangan yang disepakati bersama. Rencana-rencana kerja inilah yang akan dibahas lebih lanjut kedalam kegiatan MMK untuk penentuan prioritas masalah dan tindak lanjutnya.

Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) merupakan pertemuan perwakilan masyarakat desa/kelurahan beserta tokoh masyarakat dan para petugas puskesmas untuk membahas hasil survey dari SMD dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil SMD. Tujuan MMK adalah hasil survey dibahas bersama untuk mencari solusi dari permasalahan yang ditemukan dalam SMD dan tersusunnya perencanaan Kelurahan maupun perencanaan Puskesmas.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved