Selasa, 01 November 2022

Acara Gebyar MTQ Pelajar Pancasila SMA/SMK Thn 2022 Se-Cabang Dinas Dihadiri Dandim 0207/Simalungun

Acara Gebyar MTQ Pelajar Pancasila SMA/SMK Thn 2022 Se-Cabang Dinas Dihadiri Dandim 0207/Simalungun


Simalungun  |  Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning), yang berbeda dengan pembelajaran berbasis projek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak formal, struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif, dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila.

Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Cabang Dinas (Cabdis) Siantar akan menggelar Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) Pelajar Pancasila, jenjang SMA/SMK kota/kabupaten untuk pertama kali, di akhir bulan ini pada tanggal 31 Oktober sampai dengan 4 November 2022. Dalam hal ini Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem.,M.Han., yang diwakilkan oleh Komandan Koramil (Danramil) 08/Bangun Kapten Arm Muslimin Saragih SE turut serta menghadiri acara Gebyar MTQ Pelajar Pancasila SMA/SMK Tahun 2022 Se-Cabang Dinas, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kantor MUI Kabupaten Simalungun Jalan Asahan Km 3,5 Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Senin (31/10/2022).

Dalam pelaksanaan kegiatan menghadiri acara Gebyar MTQ Pelajar Pancasila SMA/SMK Tahun 2022 Se-Cabang Dinas tersebut turut serta dihadiri oleh, Suherman SH Pengadilan Negeri Pematang Siantar, Desi Pohan SH Kejari Simalungun, Iskandar S.ag Kemenag Pematang Siantar dan Kompol Efianto Wakapolres Simalungun.

Pada kesempatan tersebut Dandim 0207/Simalungun melalui Danramil 08/Bangun mengatakan, kegiatan ini adalah program dari Cabdis Siantar menjadi salah satu syiar agama yang membawa banyak nilai positif di masyarakat ini khususnya untuk para pelajar sekaligus menguatkan pembangunan akhlak generasi muda. “Insya Allah, perhelatan ini akan dilaksanakan di SMA UISU Jalan Asahan, Kabupaten Simalungun. Diikuti oleh seluruh SMA/SMK, baik negeri maupun swasta di Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun,” ujarnya.

Kegiatan MTQ ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi atau sebagai media silaturahmi antar pelajar/khalifah, meningkatkan pemahaman kepada siswa tentang nilai-nilai akhlak yang baik, meningkatkan dan mengembangkan pendidikan karaktersiswa. Serta mencetak qori-qoriah yang siap mewakili ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Kegiatan ini juga bukan hanya untuk mencari juara semata-mata, tetapi bagaimana cara pengejiwaan tahap daripada pelaksanaan MTQ ini menjadi suatu momen, dalam rangka mewujudkan profil Pelajar Pancasila sesuai dengan implementasi kurikulum merdeka. “Penekanannya adalah bukan karena gelar, tetapi bagaimana untuk mencapai Kurikulum merdeka belajar sampai kepada cita-cita para peserta didik. Menjadi profil pelajar Pancasila dikalangan pelajar. Nanti akan imbasnya kepada kehidupan pelajar itu kedepan, setelah proses pembelajaran di tingkat SMA/SMK,” paparnya.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved