Breaking News

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Tahun 2022 Digelar Kodim 0207/Simalungun


Simalungun  |  Komando Distrik Militer (Kodim) 0207/Simalungun melaksanakan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Lapangan Kodim 0207/Simalungun Pematang Raya Kecamatan Raya Kabupaten Simalungun, Jumat (28/10/2022).

Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem.,M.Han., yang diwakili oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0207/Simalungun Mayor Inf Margana bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022. Tepat 94 Tahun yang lalu, pada tanggal 28 Oktober 1928 Pemuda dan Pemudi Indonesia yang tergabung dalam beberapa organisasi kepemudaan membulatkan tekad untuk mempersatukan Indonesia menjadi satu Nusa, Bangsa dan Bahasa. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun 2022 kali ini mengangkat tema ““Bersatu bangun Bangsa”.

Dalam sambutannya Dandim 0207/Simalungun yang dibacakan oleh Kasdim menyampaikan  Peringatan  Hari Sumpah  Pemuda adalah  upaya  kita menghadirkan sejarah masa lalu  untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi  pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan  inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar. Sumpah Pemuda 28 Oktober  1928 memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku,  agama,  ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan,  bukan sebagai faktor yang  melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa, pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa. Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini selalu memilik arti penting, karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia. Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah "Bersatu Bangun Bangsa". Tema ini  memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan  untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pem-bangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia.

Kita patut bersyukur,  melihat pemuda Indonesia telah menunjukan banyak capaian prestasi diberbagai bidang yang membanggakan,  baik  pada level nasional  maupun  pada level  intemasional.  Hal  ini  menjadi  modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa  yang akan datang, namun kita juga  khawatir  bahwa  pemuda  Indonesia  masih   menghadapi  ancaman pengangguran dan  keterpurukan  dalam  tindakan  destruktif yang tidak menguntungkan. Terhadap situasi  tersebut,  maka upaya pemberdayaan dan  pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif,  kolaboratif dan mandiri  serta berkarakter mulia perlu dikembangkan, agar  pemuda  dapat  menghadapi'  situasi  yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini,  bermula dari  Titik nol Ibu Kota Nusantara, kami  mengajak  seluruh  elemen  bangsa   menghimpun kekuatan  dan semangat untuk bergerak,  mendorong  pemuda Indonesia untuk   mengembangkan  berbagai  potensi   yang   ada   demi    membangun kejayaan sepanjang masa. Kerja-kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak   bisa dilakukan  secara sendiri-sendiri atau parsial.  Pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni.

Akhimya,   marilah  kita  jadikan   momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang  Ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa. Semoga Tuhan Yang  Maha Esa, Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu  membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan Memperingati hari Sumpah Pemudah yang dihadiri oleh Danramil jajaran, Pa Staf dan anggota serta ASN.


 

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN