Rabu, 26 Oktober 2022

Di Puskesmas Tapian Dolok Louncing Vaksinasi PCV Program Imunisasi Dihadiri Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

Di Puskesmas Tapian Dolok Louncing Vaksinasi PCV Program Imunisasi Dihadiri Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun


Simalungun  |  Kementerian Kesehatan menetapkan vaksin Pneumococcus Konyugasi (PCV) ke dalam program imunisasi rutin. Hal itu didasari pada Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK 02.02/Menkes/ 2534/2020 tentang Pemberian Imunisasi Pneumococcus Konyugasi (PCV). Dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05/Serbelawan jajaran Kodim 0207/Simalungun Sertu Anton Wijaya turut serta melaksanakan kegiatan menghadiri Laucing Imunisasi PCV, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Puskesmas Tapian Dolok Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun, Rabu (26/10/2022).

Dalam pelaskanaan kegiatan menghadiri Laucing Imunisasi PCV di Puskesmas Tapian Dolok Kecamatan Tapian Dolok tersebut turut serta dihadiri oleh, Kepala Dinas Kesehatan Bapak Edwin Tony Simanjuntak S.SI,APT,M.SI, Kapus Tapian Dolok Dokter Leny R. Napitupulu, Babinsa Koramil 05/Serbelawan Sertu Anton Wijaya, Babinkamtibmas Aiptu Tanjung dan Seluruh Bidan Desa Kecamatan Tapian Dolok.

Sasaran penerima vaksin PCV adalah bayi usia 2 bulan dosis pertama, selanjutnya dilengkapi dengan dosis kedua pada usia 3 bulan, dan dosis ketiga lanjutan pada usia 12 bulan. Vaksin PCV ini merupakan intervensi yang paling ampuh dan menghemat biaya untuk melindungi dan mencengah kematian pada anak-anak akibat pneumonia, yaitu peradangan paru paru yang disebabkan oleh infeksi. Untuk itu, pemerintah berkomitmen penuh untuk menyediakan vaksin PCV untuk menyelamatkan jutaan hidup anak-anak di Indonesia.

Pencanangan introduksi imunisasi PCV dilakukan hari ini di Puskesmas Tapian Dolok Kecamatan Tapian Dolok dipilih sebagai lokasi pencanangan karena Puskesmas Tapian Dolok Kecamatan Tapian Dolok  memiliki sasaran vaksin yang cukup besar dengan kinerja dan capaian program imunisasi rutin yang baik.

Kegiatan ini diikuti dengan keberhasilan program ini sangat ditentukan oleh dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat, jangan sampai pencanangan ini hanya sekadar seremonial tetapi harus langsung dilaksanakan. “Imunisasi PCV ini segera kita realisasikan. Ibu Ketua PKK dan komunitas-komunitas yang lain memberikan sosialisasi kepada masyarakat,” katanya.


 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved