Breaking News

Satgas Pembibitan Lakukan Perawatan Tanaman Keras Dalam Rangka Penghijauan Dan Penyelamatan Ekosistem Danau Toba


Simalungun  |  Dalam rangka untuk Pembibitan dengan persyaratan tempat persemaian dan pembibitan Tanaman Keras harus dipenuhi diantaranya lahan memiliki kemiringan lebih dari 15% dan lahan berpasir kasar, untuk tahap kegiatan yang dilakukan untuk membangun tempat pembibitan yang baik adalah Penyiapan lokasi pembibitan, penyiapan sarana dan prasarana, pelaksanaan pembibitan, pemeliharaan bibit. Dalam halini salah satu komoditas tanaman perkebunan untuk pemindahan bibitnya dilakukan maksimal pada stadium jarum karet, beberapa faktor yang mempengaruhi perkecambahan biji.

Dalam hal ini bibit yang akan ditanam harus memenuhi mutu genetik dan mutu fisik fisiologis. Mutu genetik menginformasikan tentang asal sumber benih, dengan demikian, mutu genetik akan berhubungan dengan kualitas pohon yang dijadikan sebagai penghasil benih untuk pembibitan. Jika pohon induk yang digunakan berkualitas baik, maka akan lebih berpeluang menghasilkan anakan yang baik.


Pada kesempatan tersebut, Personel Satgas Pembibitan turut serta melaksanakan kegiatan Pembibitan Tanaman Keras dalam rangka penghijauan dan penyelamatan ekosistem Danau Toba, dengan melaksanakan pemeliharaan bibit tanaman keras masyarakat (durian, jengkol dan petai) di Areal Campt RN-D Tpl Aek Nauli, Satgas Penghijauan dengan melaksanakan pendampingan pembersihan Campt pembibitan dan perumahan bersama dengan Karyawan Tpl dan melaksanakan Patroli disektor Pembibitan, kegiata tersebut yang dilaksanakan bertempat di PT. TPL Sektor Aek Nauli Desa Sihaporas Kecamatan Pematang Sidamanik Kabupaten Simalungun, Kamis (01/09/2022).

Kapenrem 022/PT Mayor Inf SH Tanjung pada saat meninjau lokasi Pembibitan tersebut mengatakan, dalam okulasi untuk perbanyakan tanaman dengan mengambil mata tunas kemudian dilakukan penempelan mata tunas pada batang yang telah disayat sehingga diharapkan tumbuh tunas yang baru, dengan tehnik pengikatan okulasi yang tepat dari bawah ke atas untuk keberhasilan okulasi selain dipengaruhi oleh bahannya juga dipengaruhi teknik pengikatannya, untuk merawat tanaman mulai dari pembibitan, penyiapan lahan sampai dengan perawatan, dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam rangka penghijauan dan penyelamatan ekosistem Danau Toba di wilayah Sektor Aek Nauli Desa Sihaporas, tidak hanya itu saja melainkan masih banyak lagi manfaat yang diperoleh. Momen ini dapat juga sebagai wahana mengajarkan kepada generasi muda untuk mencintai alam, dengan mencintai alam maka kehidupan akan nyaman, terang Kapenrem Mayor Inf SH Tanjung.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN