Breaking News

Satgas Pembibitan Laksanakan Penyemprotan Hama Dan Komsos


Simalungun  |  Satgas PAM Pembibitan melaksanakan kegiatan Penyemprotan Hama dan Komsos diwilayah Sektor Aek Nauli Desa Sihaporas Kecamatan Pematang Sidamanik Kabupaten Simalungun, Senin (05/09/2022).

Pada kesempatan tersebut Letda Inf J Harianja mengungkapkan, dalam proses pembibitan penangan tanaman menjadi sangat penting semisal mesti tetap menjaga bibitan dari gulma. Penyiangan gulma dalam babybag pada pre nursery dilakukan dua minggu sekali secara manual, termasuk penambahan tanah dalam kantong bagi bibit-bibit yang terbuka berdasarkan bonggol akarnya dan bibit yang nampak doyong.
Menurut buku Petunjuk Teknis Penanganan Pembibitan, untuk gulma yang ada dalam polybag di main nurserysebaiknya dilakukan secara manual dan sebaliknya untuk gulma yang tumbuh diluar polybag dapat menggunakan herbisida dengan alat semprot yang dilengkapi dengan pelindung pada bagian nozzel-nya guna menghindari terjadinya kabut herbisida, cara ini supaya herbisida mengenai bibit serta penyemprotan harus lebih rendah dari permukaan polybag. Selain terus menjaga bibitan dari gulma, selanjutnya perlu juga dilakukan pengendalian hama dan penyakit pada saat pembibitan. Pemberantasan hama dan penyakit di pre nursery tidak dibenarkan menggunakan bahan kimia. Biasanya hama dan penyakit yang menyerang pada pre nursery dan main nursery tercatat serupa. 


Kerusakan pada pembibitan tentu saja membuat rugi, kondisi ini akibat kualitas tanah tidak baik, desinfeksi tanah yang kurang memadai, penanaman yang kurang bagus, penyiraman yang terlalu banyak atau terlalu sedikit serta gangguan hama, daun terbakar kondisi ini akibat penyiraman yang tidak memadai setelah pemupukan, tingkat aplikasi pupuk dan pemilihan produk yang salah saat memberikan pestisida, atau akibat pemindahan naungan secara tiba-tiba, terang Letda Inf J Harianja.

Selanjutnya Satgas Pembibitan juga melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial bersama warga Sihaporas Br. Simanjutak, Br. Ambarita dan Br. Siahaan dalam rangka menjalin Silaturahmi dan agar tercipta hubungan yang harmonis dengan masyarakat di sekitar lokasi pembibitan dalam rangka mensosialisasikan dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar segala persoalan/permasalahan klaim lahan Lamtoras diserahkan kepada pihak keamanan atau melalui jalur Hukum yang berlaku, tutup Letda Inf J Harianja.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN