Selasa, 06 September 2022

Kasiren Rem 022/PT Turut Serta Hadiri Rapat Penelitian RKA Ta. 2023

Kasiren Rem 022/PT Turut Serta Hadiri Rapat Penelitian RKA Ta. 2023


Medan  |  Kepala Seksi Rencana Korem 022/Pantai Timur Letkol Kav A.R Dalimunthe, S.E., M.M., turut serta mengikuti kegiatan Rapat Penelitian RKA TA. 2023 jajaran Kodam l/Bukit Barisan yang dipimpin langsung oleh Asisten Perencanaan Kodam l/Bukit Barisan Kolonel Czi Herfin Kartika Aji, S.I.P., kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Lantai 5 Kodam l/BB, Jalan Gatot Subroto Km. 7,5 Kota Medan, Selasa (06/09/2022).

Dalam rangka upaya peningkatan kualitas belanja negara, serta semangat optimalisasi anggaran, diperlukan pengendalian realisasi anggaran, dimulai dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan PBJ dan kegiatan, untuk mengantisipasi penganggaran mendatang dengan melakukan reviu atas Pagu Indikatif 2023. Anggaran 2023 ini akan digunakan untuk membantu menerapkan 3 program prioritas.


Pelaksanaan reviu ini antara lain bertujuan untuk: 1) mendapatkan data dan informasi atas rincian pagu anggaran indikatif 2023 lingkup KKP, 2) menilai dengan keyakinan terbatas melalui penelaahan dokumen dan klarifikasi dengan satker terkait, bahwa RKA-KL (pagu indikatif) 2023 tersebut telah didukung dengan dokumen yang memadai, sesuai dengan persyaratan dan peraturan perundangan terkait, memperhatikan capaian tahun sebelumnya dan target yang akan dicapai, dan 3) memberikan saran untuk perbaikan usulan dan kelengkapan dokumen secara langsung pada saat reviu.

Adapun ruang lingkup Reviu atas Pagu Indikatif 2023 tersebut diantaranya adalah konsistensi pencantuman sasaran kinerja dalam RKA kesesuaian total pagu dan rincian sumber dana dalam RKA dengan Pagu Anggaran K/L, Kepatuhan dalam penerapan kaidah-kaidah penganggaran antara lain penerapan SBM dan SBK, kesesuaian jenis belanja, hal-hal yang dibatasi atau dilarang, pengalokasian anggaran untuk kegiatan yang didanai dari PNBP, PHLN, BLU, dan kelengkapan dokumen pendukung RKA-K/L antara lain : RKA Satker, TOR/RAB, dan dokumen pendukung terkait lainnya.

Dalam  proses perencanaan penganggaran dengan melakukan reviu RKA-K/L dan dokumen pendukungnya merupakan wujud dari quality assurance, sehingga diharapkan dapat meminimalisasi adanya kekeliruan dalam pelaksanaan anggaran dan meminimalisasi terjadinya pemborosan atau penggunaan anggaran-anggaran yang tidak mendukung tupoksi.

Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut kiranya saran dan pengajuan koreksi pada pagu indikatif dapat menjadi perhatian secara bottom up sehingga memaksimalkan kegiatqn yang akan dilaksanakan khususnya di satker Korem 022/PT kata Kasiren 022/Pantai Timur Letkol Kav A.R Dalimunthe, S.E., M.M.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved