Breaking News

Danramil 02/ST Kodim 0207/Simalungun Hadiri Pembukaan Gelegar Kampung Nusantara Atau Kampung Seni


Pematang Siantar  |  Sejumlah seniman Indonesia dan luar negeri mendeklarasikan Jaringan Festival Kampung Nusantara, jaringan Festival Kampung Nusantara itu terdiri dari Festival Kampung Cempluk Malang, Festival Jati 7 Jawa Barat, Festival Lima Gunung Jawa Tengah, Festival Kampung Pecinan Malang, Festival Kampung Rengel Tuban.  Selain itu juga ada Festival Kampung Paser Kalimantan Timur, Festival Kampong Temenggungan, Festival Karawang Art Village dan Festival Kampung Celeket.

Dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Komandan Koramil (Danramil) 02/Siantar Timur jajaran Kodim 0207/Simalungun Kapten Inf Suheri turut serta menghadiri undangan Pembukaan Gelegar Kampung Nusantara Atau Kampung Seni, kegiatan ini juga turut serta dihadiri oleh ibu walikota pematang Siantar dr.Susanti Damayani Sp.A. beserta Forcopincam Siantar Timur, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Jalan Tongkol Kelurahan Pardomuan Kecamatan SIantar Timur Kota Pematang Siantar, Jumat (02/09/2022).

Konsep kampong seni, terang Danramil 02/Siantar Timur Kapten Inf Suheri adalah bagaimana mengangkat potensi budaya lokal warga kampung dalam bentuk festival. Termasuk juga mengkolaborasikan kesenian lokal dengan seni daerah lain di Indonesia dan mancanegara. "Sehingga ada interaksi antar seniman dengan warga kampung," terang Danramil.

Antarpelaku seni setiap kampung festival saling mendukung sebagai pengisi acara. Jaringan ini diperluas dengan memanfaatkan media internet sehingga pertunjukan seni bisa disaksikan disiarkan ke seluruh dunia, konsep festival kampung memperkaya wawasannya dalam bermusik. "Warga kampung akhirnya jadi tahu alat musik daerah lain, kolaborasi antara musik etnik dan kontemporer tidak akan membuat budaya asli hilang. Sebaliknya, malah memperkuat kehadiran kesenian local, tutup Kapten Inf Suheri.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN