Jumat, 12 Agustus 2022

Peresmian Kampung Pancasila Di Nagori Manik Maraja Dihadiri Danramil 17/Sidamanik Kodim 0207/Simalungun

Peresmian Kampung Pancasila Di Nagori Manik Maraja Dihadiri Danramil 17/Sidamanik Kodim 0207/Simalungun


Simalungun  |  Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem.,M.Han., yang diwakilkan oleh Komandan Koramil (Danramil) 17/Sidamanik Lettu Chb K.A. Simatupang turut serta mendampingi Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Luqman Arief, S.I.P., dalam rangka Peresmian Kampung Pancasila yang bertempat di Dusun III Nagori Manik Maraja Kecamatan Sidamanik Kabupaten Simalungun, Jumat (12/08/2022).

Pada kesempatan tersebut Danrem 022/PT dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi atas Peresmian Kampung Pancasila ini, peresmian Kampung Pancasila ini merupakan langkah yang sangat positif, karena memiliki potensi besar sebagai contoh terlaksananya toleransi dan wujud Bhinneka Tunggal Ika, sehingga mampu merekatkan  persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keberagaman suku, ras, agama maupun budaya.

Latar belakang terbentuknya Kampung Pancasila ini adalah untuk penerapan nilai leluhur budaya bangsa dalam kehidupan beragama yang saling menghargai dan menghormati sesama pemeluk agama walaupun berbeda-beda keyakinan, sehingga Kampung Pancasila dapat dijadikan sebagai contoh toleransi antar umat beragama yang hidup damai dalam perbedaan, tanpa ada konflik. Saya yakin dan percaya, terpilihnya Dusun III Nagori Manik Maraja Kec. Sidamanik Kab. Simalungun ini sebagai Kampung Pancasila, karena memiliki nilai toleransi agama yang tinggi, dimana masyarakatnya selalu hidup dengan damai dan rukun, walaupun berbeda keyakinan.

Lebih lanjut Danrem mengatakan, kita semua berharap Nagori ini dapat terus berusaha menjaga kedamaian dan memelihara kerukunan warga, saling bekerja sama, tanpa membedakan keyakinan, sehingga tidak dapat di adu domba. Oleh karena itu, saya menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada masyarakat Dusun III Nagori Manik Maraja Kec. Sidamanik Kab. Simalungun yang selama ini telah menjaga kerukunan, toleransi beragama dan telah mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Walaupun kita berbeda bukan menjadi suatu alasan bagi kita untuk berpecah belah, tetapi jadikan perbedaan yang kita miliki ini menjadi suatu kekuatan bagi kita, terang Danrem.

Program Kampung Pancasila ini merupakan program yang diprakarsai langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat, yang telah menyampaikan kepada seluruh jajaran untuk membuat Kampung Pancasila di wilayahnya masing-masing, sebagai contoh dalam menegakkan kembali nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. Kampung Pancasila ini nantinya, akan di isi dengan berbagai kegiatan.  Dalam kegiatan tersebut, masyarakat akan diedukasi tentang pentingnya Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, sehingga Pancasila akan menjadi penumbuh dan penguat jiwa nasionalisme serta jiwa kebangsaan.

Harapan kita bersama, dengan diresmikannya Dusun III Nagori Manik Maraja Kec. Sidamanik Kab. Simalungun ini sebagai Kampung Pancasila, semakin terpelihara persatuan dan kesatuan dikalangan masyarakatnya dan diharapkan  Nagori ini akan menjadi salah satu contoh tauladan bagi nagori-nagori yang lain di Kab. Simalungun dalam penerapan nilai-nilai luhur Pancasila, tutup Danrem.

Pada kesempatan tersebut Tokoh Masyarakat selaku Ketua Saber Bapak Lendrawan, S.Si., sekaligus Pemrakarsa berdirinya Kampung Pancasila  menyampaikan, Bangga atas diresmikannya Kampung Pancasila di Dusun III Nagori Manik Maraja Kecamatan Sidamanik, dan berharap kedepannya wilayah ini tetap aman, tentram dan damai, hal ini tidak terlepas dari adanya hubungan yang harmonis antar masyarakat dan juga segenap aparat keamanan serta aparat pemerintah di wilayah ini, saya sangat mengapresiasi dan mendukung bahwa diresmikannya Kampung Pancasila.

Menurutnya, Kampung Pancasila didirikan untuk membangkitkan semangat pengamalan Pancasila, yang merupakan landasan dan Dasar Negara, untuk menanamkan rasa kebangsaan dan Nasionalisme yang tinggi. "Kita membentuk satu kampung Pancasila untuk membentengi masyarakat agar tidak terpapar paham intoleran, karena paham intoleran itu adalah bibit awal timbulnya permasalahan , dengan harapan ke depan bisa diikuti oleh Kampung/Desa lainnya yang ada di wilayah Simalungun," paparnya.

Kepala Desa Sidamanik Bapak Suroso mengungkapkan warga berharap dengan program Kampung Pancasila ini akan membawa kemajuan secara mental dan juga ekonomi bagi warga Dusun III Nagori Manik Maraja Kecamatan Sidamanik. “Mudah-mudahan dengan dicanangkannya Kampung Pancasila, dapat membawa kemajuan Desa Kutayasa baik secara ekonomi ataupun secara mental tetap pada Pancasila yang sejati,” ujar Bapak Suroso.

Sementara Kaban Kesbangpol Simalungun berharap untuk semua wilayah di Kabupaten Simalungun setiap desa harus memiliki Kampung Pancasila, Dusun III Nagori Manik Maraja Kecamatan Sidamanik ini menjadi pilot project dengan harapan semua bisa mencontoh kampung Pancasila ini, Kita support pembentukan kampung Pancasila ini," tandasnya.

Kemudian dilanjutkan pemberian Tali Asih kepada Anak Yatim Piatu dan Kaum Dhuafa diwilayah Dusun III Nagori Manik Maraja Kecamatan Sidamanik tersebut, pada acara Peresmian Kampung Pancasila tersebut turut serta dihadiri oleh, Danrem 022/PT, Kaban Kesbangpol mewakili Bupati Simalungun, Kapenrem 022/PT, Manager PTPN IV Unit Teh Sidamanik, Camat, Kapolsek, Danramil 17/Sidamanik, Ketua Saber Bapak Lendrawan, S.Si., Kepala Desa Sidamanik, Lurah Nagori Manik Maraja, Mahasiswa/i KKN dari UINSU dan para Tokoh yang ada Diwilayah Kecamatan Sidamanik serta Masyarakat setempat.


 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved