Breaking News

Pembibitan Tanaman Keras Dalam Rangka Penghijauan Dan Penyelamatan Ekosistem Danau Toba Dilakukan Satgas PAM


Simalungun  |  Mutu fisik fisiologis menginformasikan tentang kondisi fisik bibit, antara lain kondisi batang, kesehatan bibit, tinggi, diamater, dan kekompakan media. Mutu fisik fisiologis akan terkait dengan rangkaian kegiatan pembibitan yang dilakukan. Oleh karenanya, rangkaian kegiatan pembibitan yang tidak benar akan berdampak pada kualitas bibit. Untuk itu perlu dikuasai teknik pembibitan yang baik mulai dari penyiapan sarana dan prasarana pembibitan, pengadaan benih, penyiapan media kecambah dan sapih, perlakuan benih, penyemaian, pemeliharaan bibit di persemaian, hingga seleksi bibit untuk penanaman.


Keberhasilan penanaman adalah ketersediaan bibit berkualitas. Bibit berkualitas ditandai oleh kemampuannya beradaptasi dengan lingkungan baru, dapat tumbuh dengan baik jika ditanam di lapangan, sehat, dan seragam. Oleh sebab itu bibit yang akan ditanam harus memenuhi mutu genetik dan mutu fisik fisiologis. Pada kesempatan tersebut, Satgas Pembibitan melaksanakan penanganan/pembersihan Pohon Tumbang di jalan Aktipitas, Personel Satgas PAM pembibitan turut serta melaksanakan kegiatan Pembibitan Tanaman Keras dalam rangka penghijauan dan penyelamatan ekosistem Danau Toba, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di wilayah PT. TPL Sektor Aek Nauli Desa Sihaporas Kecamatan Pematang Sidamanik Kabupaten Simalungun, Sabtu (27/08/2022).


Dalam hal ini Letda Inf M Harianja mengungkapkan, mutu genetik menginformasikan tentang asal sumber benih, dengan demikian, mutu genetik akan berhubungan dengan kualitas pohon yang dijadikan sebagai penghasil benih untuk pembibitan. Jika pohon induk yang digunakan berkualitas baik, maka akan lebih berpeluang menghasilkan anakan yang baik, demikian juga sebaliknya. Pada kesempatan tersebut Letda Inf M Harianja mengatakan, Satgas Pembibitan melaksanakan penanganan/pembersihan Pohon Tumbang di jalan Aktipitas dan kami merawat tanaman mulai dari pembibitan, penyiapan lahan sampai dengan perawatan, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam rangka penghijauan dan penyelamatan ekosistem Danau Toba di wilayah Sektor Aek Nauli Desa Sihaporas Kecamatan Pematang Sidamanik, terang Letda Inf M Harianja.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN