Senin, 22 Agustus 2022

Korem 022/PT Laksanakan Kegiatan BIMNIS Tingkat Korem Bidang Wanwil Ta. 2022

Korem 022/PT Laksanakan Kegiatan BIMNIS Tingkat Korem Bidang Wanwil Ta. 2022


Pematang Siantar  |  Untuk mewujudkan Aparat Teritorial yang Adaptif melalui penyiapan Wanwil untuk kepentingan Pertahanan Negara, yang diikuti oleh para Pasiter dan Bati Wanwil jajaran Korem 022/PT di Aula Pantai Timur Makorem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Nagori Estate Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Senin (22/08/2022).

Komandan Korem (Danrem) 022/Pantai Timur Kolonel Inf Luqman Arief, S.I.P., yang diwakili Oleh Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Rem 022/PT Mayor  Inf  Fahroel Muhadi  dalam sambutannya menyampaikan Sosialisasi yang dilaksanakan ini, bertujuan untuk menyamakan persepsi langkah kegiatan pembinaan teritorial khususnya bidang Wanwil yang harus dilakukan oleh Satkowil diwilayah dalam untuk meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan Pemerintah Daerah dan instansi terkait untuk bersinergi dalam pembinaan teritorial, sehingga akan mempermudah Satkowil dalam menjalankan perannya melaksanakan Pembinaan Teritorial di wilayah. Hal ini sesuai dengan tema, “Mewujudkan Aparat Teritorial yang Adaptif melalui Penyiapan Wanwil untuk Kepentingan Pertahanan Negara”.


Guna terwujudnya sistem pertahanan bersifat semesta, maka TNI AD melalui Korem 022/PT melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui kegiatan pembinaan teritorial. Pembinaan ini merupakan bentuk dan upaya penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukung secara dini, sesuai sistem pertahanan semesta, upaya itu juga perlu didukung oleh semua pihak tanpa terkecuali. Sinergitas itu nantinya meliputi pembinaan sumber daya nasional, baik berupa pembinaan geografi, demografi dan kondisi sosial di masyarakat. Kegiatan tersebut harus diselenggarakan secara terus-menerus sesuai dengan dinamika perkembangan jaman.


Dimana kita ketahui bersama bahwa ancaman terhadap kedaulatan negara yang semula bersifat konvensional (fisik), saat ini berkembang menjadi Multi Dimensional (fisik dan nonfisik), baik yang berasal dari luar negeri maupun dari dalam negeri. Ancaman yang bersifat Multi Dimensional tersebut dapat bersumber, dari permasalahan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya maupun permasalahan keamanan yang terkait dengan kejahatan internasional, antara lain terorisme, imigran gelap, bahaya narkotika, pencurian kekayaan alam, bajak laut dan perusakan lingkungan.

Fenomena seperti itu, mengharuskan kita untuk lebih memacu cara berpikir dan bertindak secara terintegrasi dalam mencermati setiap permasahan yang muncul di tengah-tengah masyarakat, sehingga pada gilirannya berpotensi menjadi ancaman terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara dapat diantisipasi secara dini. Hal ini sesuai dengan Tugas Pokok TNI AD, yaitu melaksanakan pemberdayaan sumber daya nasional di darat guna membantu pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan negara melalui penyelenggaraan Binter yang salah satunya dengan metode perlawanan wilayah yang meliputi pembinaan sumber daya alam dan buatan, sarana dan prasarana dan pemetaan potensi wilayah serta peta wilayah yang siap untuk mendukung terwujudnya ruang juang, alat juang dan kondisi juang yang tangguh guna kepentingan pertahanan negara.


Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya sampaikan beberapa penekanan untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan ini, sebagai berikut : Pertama, ikuti kegiatan ini dengan seksama dan penuh rasa tanggung jawab agar para peserta memahami betul tentang Pembinaan Perlawanan Wilayah serta Implementasinya dilapangan. Kedua, pahami peran Satkowil dalam melaksanakan pendataan Norma, Standar dan Prosedur serta kriteria pengelolaan kekuatan pendukung untuk kepentingan Pembinaan Perlawanan Wilayah. Ketiga, tanyakan kepada para narasumber, jika dirasakan masih ada hal-hal yang belum jelas dan ragu-ragu. Keempat, kepada pemberi materi, saya harapkan dapat memberikan penjelasan kepada para peserta dengan sebaik-baiknya, agar kegiatan ini memberikan manfaat bagi para prajurit dan satuan.

Kegiatan Bimnis Tingkat Korem Bidang Wanwil Ta. 2022 tersebut turut serta dihadiri oleh, Kasiter Rem 022/PT, Para Pasiter dan para Batih Wanwil jajaran Korem 022/PT.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved