Kamis, 04 Agustus 2022

Aster KASAD (Mayjen TNI Karmin Suharna, S.I.P., M.A.) Tinjau PT Indonesia Power PLTU Pangkalan Susu

Aster KASAD (Mayjen TNI Karmin Suharna, S.I.P., M.A.) Tinjau PT Indonesia Power PLTU Pangkalan Susu


Langkat  |  Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (ASTER KSAD) Mayjen TNI Karmin Suharna, S.I.P., M.A., yang didampingi Komandan Korem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Luqman Arief, S.I.P., melaksanakan Kunjungan Kerja ke PT Indonesia Power PLTU Pangkalan Susu Kabupaten Langkat, Rabu (03/08/2022).

Kedatangan rombongan diterima langsung oleh Dir. EVP Batubara dan GM. PLTU Pangkalan susu. Diawal sambutannya, GM PLTU Pangkalan susu mengucapkan terimakasih atas kunjungan tersebut serta PLTU juga sangat terbantu serta termotivasi atas kunjungan Bapak Aster KASAD beserta rombongan, dengan harapan kerjasama yang selama ini sudah terjalin dapat terus berlanjut sehingga Kinerja PLTU Pangkalan susu selaku anak perusahaan dari PT. PLN  dapat terus meningkat


Selanjutnya Mayjen TNI Karmin Suharna, S.I.P., M.A., dalam sambutannya mengatakan bahwa  selama kurang lebih 8 tahun personel TNI AD telah melaksanakan tugas pendampingan batubara dan saya memandang perlu untuk melaksanakan pengawasan secara rutin terhadap personel TNI AD yang melaksanakan tugas pendampingan ini. Pada  kesempatan ini saya sengaja memanfaatkan waktu untuk menyampaikan pengarahan, mengingat komitmen kita sebagai prajurit, harus dapat diwujudkan secara kongkrit dalam mengemban tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan oleh PT PLN (Persero) dalam melaksanakan tugas pendampingan.

Adapun beberapa hal yang perlu saya sampaikan diantaranya : Pertama,  PLTU Pangkalan Susu ini merupakan obyek vital nasional yang bersifat strategis di wilayah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, dimana PLTU Pangkalan Susu memiliki peranan yang penting dalam menyediakan energi listrik untuk menunjang kegiatan pembangunan nasional serta untuk memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Langkat dan sekitarnya.


Kedua,  Tugas pendampingan batubara yang dilakukan oleh TNI AD di 15 unit PLTU wilayah Jawa-Sumatera ini merupakan penjabaran dari MoU antara PT PLN (Persero) dengan TNI AD yang dituangkan dalam PKS antara kedua belah pihak.  

Ketiga,  Tugas pokok personel TNI AD di PLTU Pangkalan Susu adalah melaksanakan pendampingan, penerimaan dan pengujian batubara sesuai dengan standarisasi PT PLN (Persero) sehingga kalian  harus mempedomani Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.  Kemudian sebagai insan teritorial selain melaksanakan tugas pokoknya di PLTU juga harus melaksanakan kegiatan positif lainnya di PLTU sehingga berdampak baik terhadap citra TNI AD.


Keempat, Kami dari Sterad meminta masukan dari PT PLN (Persero) khususnya PLTU Pangkalan Susu terhadap kinerja personel TNI AD yang melaksanakan tugas pendampingan selama ini, untuk dijadikan bahan evaluasi bagi kami, terang Aster Kasad.

Disela-sela kunjungan tersebut Aster Kasad juga menyampaikan kepada Awak Media, MoU antara TNI AD dengan PT PLN sesuai dengan Penandatanganan komitmen yang dilaksanakan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo di Kantor PLN Pusat Jakarta.

Bapak KASAD juga sangat mengapresiasi atas adanya kerja sama dan kolaborasi yang baik antara TNI AD dengan PT PLN (Persero). Menurutnya, komitmen ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, yakni salah satu tugas pokok dalam Operasi Militer Selain Perang adalah mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis. “Oleh karena itu, sesuai dengan tugas pokok TNI AD, Pakta Komitmen Bersama ini juga bagian dari upaya TNI Angkatan Darat untuk turut menyukseskan Program Strategis Nasional dalam hal pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di seluruh wilayah Republik Indonesia.


Sesuai dengan Komitmen PLN-TNI AD ini sebelumnya telah dilakukan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara PLN dan TNI AD antara lain : Dukungan personel pendampingan dan pengujian Batubara yg telah dilaksanakan sejak tahun 2015 dan berlanjut sampai dengan sekarang di 15 PLTU Jawa-Sumatera. Dukungan Penguatan Pembinaan Teritorial pada Keandalan Sistem Ketenagalistrikan yg dilaksanakan di Mamberamo Raya yg sudah mencapai Survey Tahap 2.


Adapun kegiatan Binter yang dilaksanakan TNI AD berkolaborasi dengan PLN antara lain : Kegiatan pelaksanaan proses loading batubara berkolaborasi dgn PLTU guna mendukung Pemerintah dalam rangka menjaga sistem kelistrikan di Indonesia. Kegiatan pendampingan TNI AD dgn PLN dalam rangka kegiatan pembangunan PLTA yang rencana akan dibangun di Sungai Mamberamo raya guna memberikan sistem penerangan di seluruh pelosok Tanah Air Indonesia.

Pada  Kunjungan kerja tersebut, Aster KASAD juga didampingi oleh Kasdam I/BB Brigjen TNI Rifki Nawawi, Paban II/Puanter Sterad Kolonel Inf Jaelan, S.I.P., Aster Kasdam I/BB Kolonel Arh Dedik Ermanto, S.I.P., M.T., Danrem 022/PT Kolonel Inf Luqman Arief., S.I.P., Dandim 0203/Langkat Letkol Inf Muhammad Eko Prasetyo, Pabandya 3/Binjementer Sterad Letkol Arm Sugihato, S.E., Kasiterrem 022/PT Mayor Inf Fahroel Muhadi, Kapenrem 022/PT Mayor Inf SH Tanjung, Danyonif Marinir 8, Pabanda Wasdiklatter Sterad Kapten Inf Agung Sedayu, Kapten Chb Adina Kaur Katpuanter Sterad, Pasiops Kodim 0203/Langkat, Pasiter Kodim 0203/Langkat, Danramil Pangkalan Susu, Kapolres Langkat, Dir. EVP Batubara Bpk. Sapto Aji Nugroho, GM Indonesia Power PLTU Pangkalan Susu Bpk. Trisno Widayat serta Pejabat PLN dan PLTU.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved