Senin, 25 Juli 2022

Wujudkan Ketahanan Pangan, Kodam l/BB Melalui Kodim 0207/Simalungun Laksanakan Pengembangan Budidaya Jagung APBD Dinas TPH

Wujudkan Ketahanan Pangan, Kodam l/BB Melalui Kodim 0207/Simalungun Laksanakan Pengembangan Budidaya Jagung APBD Dinas TPH


Simalungun  |  Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B.,S.I. Pem., M.Han., turun langsung mengikuti dan melaksanakan kegiatan ketahanan pangan Kodam I/BB dan pengembangan budidaya jagung APBD Dinas TPH Prov. Sumatera Utara Tahun 2022, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Nagori Dolok Parmonangan Kecamatan Dolok Pardamean Kabupaten Simalungun, Senin (25/07/2022).

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B.,S.I. Pem., M.Han, dalam sambutannya mengatakan dengan program ketahanan pangan dan pengembangan budidaya jagung ini dapat mensejahterakan masyarakat dan untuk ketahanan pangan Indonesia pada umumnya. Dengan program pemerintah ini dapat mengurangi angka kemiskinan sehingga tidak terus meningkat. Program peningkatan produksi pertanian/perkebunan melalui kegiatan perluasan areal lahan Jagung. Jagung merupakan komoditas strategis utama terpenting setelah padi dan salah satu komoditas tanaman palawija utama di Indonesia yang kegunaannya relatif luas, terutama untuk konsumsi manusia dan kebutuhan bahan pakan ternak.

Kegiatan Perluasan Areal jagung merupakan salah satu pendukung swasembada jagung di Indonesia. Oleh karena itu Kodim 0207/Simalungun yang Masyarakat diwilayahnya mayoritas petani dan akan mendukung program nasional tersebut melalui kegiatan budidaya jagung. Progres penanaman akan terus dipantau dan didampingi oleh para Babinsa dan penyuluh pertanian lapangan (PPL) mulai dari persiapan lahan, pemeliharaan sampai ke pemanenan. Harapan kedepannya Simalungun akan menjadi salah satu Kabupaten di Sumatera Utara penghasil jagung agar swasembada Jagung dapat tercapai, terang Dandim 0207/Simalungun.


Kodim 0207/Simalungun melakukan penanaman jagung manis di lahan Demplot Ketahanan Pangan di Nagori Dolok Parmonangan Kecamatan Dolok Pardamean dalam rangka mengantisipasi kelangkaan bahan pangan di tengah pandemi Covid-19, Program tersebut merupakan perintah Pangdam I/Bukit Barisan terkait ketahanan pangan, Program ketahanan pangan ini sasarannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat maupun warga Kodim sendiri, sekaligus menggalakkan bios 44 untuk penyubur tanaman. Sementara itu untuk bibit jagung didapatkan bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten SImalungun, tutup Dandim 0207/Simalungun.

Kegiatan ketahanan pangan Kodam I/BB dan pengembangan budidaya jagung APBD dinas TPH Prov. Sumatera Utara Ta. 2022 tersebut turut serta dihadiri oleh, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem.,M.Han., Kadis PTH Provinsi Sumut Bapak Unedo Koko Nababan, Kadis Pertanian Simalungun Bapak Ir. Ruslan Sitepu, Camat Dolok Panribuan Bapak Nopen Sijabat, Danramil 09/Tiga Balata Kapten Inf Leo Sianturi dan Beserta para Kelompok Tani yang hadir.

Sambutan Camat Dolok Panribuan mengatakan Saya dan masyarakat sangat berterima kasih kepada pemerintah kami yang telah membuat Program ketahanan pangan dan pengembangan budidaya jagung ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Kami juga mohon kepada pemerintah agar selalu mendukung kami dalam bertani berupa pupuk dan modal karna sebagian masyarakat mempunyai lahan yang luas tapi masih kekurangan modal dll.

Kata Sambutan Kadis Pertanian Simalungun Bapak Ir. Ruslan Sitepu mengungkapkan Kami sebagai pemerintah kabupaten sangat mendukung program ini oleh karna itu kami mohon kepada masyarakat kami agar jangan menyia-nyiakan program ini karna ini sangat berguna dan bermanfaat serta dapat menambah/merubah ekonomi kita. Melalui program ini juga kami harap agar lahan-lahan kosong yang selama ini tidak dipergunakan dapat digunakan dan dimanfaatkan secara baik karna dapat menunjang  kesiapan pangan kedepannya.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved