Senin, 18 Juli 2022

Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Dampingi Pemberian Vaksin PMK Di Nagori Karang Anyar

Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Dampingi Pemberian Vaksin PMK Di Nagori Karang Anyar


Simalungun  |  Sebagai bentuk pencegahan agar wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi di wilayah Kabupaten Simalungun, kembali para Babinsa Desa bersama pihak terkait Dinas Pertanian dan Kecamatan mendatangi kandang peternakan sapi guna memberikan suntikan vaksinasi kepada hewan ternak, dalam hal salah satunya yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil  08/Bangun jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Surya turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Vaksinasi untuk hewan yang sehat agar tidak terkena penyakit PMK Vaksin yang digunakan Afrofop dari Francis jumlah hewan yang di Vaksin sebanyak 200 ekor, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di  Nagori Karang Anyar Kecamatan Gunung Maligas Kabupaten Simalungun, Senin (18/07/2022).

Pada pelaksanaan kegiatan Vaksinasi untuk hewan yang sehat agar tidak terkena penyakit PMK Vaksin yang digunakan Afrofop dari Francis jumlah hewan yang di Vaksin sebanyak 200 ekor tersebut turut serta dihadiri oleh, Kadis Ketahanan Pangan Perikanan dan Peternakan Bpk Robert Pangaribuan MSI, Drh Ibu Resna Br Siboro dan Drh Ibu Yesy Br Sitepu, Pangulu Nagori Karang Anyar Bapak Safii, Tenaga ahli dari Kabupaten Simalungun Bapak  R. Sihombing, Pendamping Desa Bapak Aprizal Damanik SH, Gamot Nagori Huta 1 s / d 9, Bhabinkaptipmas Aiptu Amril Yousnaidi dan Maujana Bapak Suli S Pdi.

Seperti dilakukan sidak di sejumlah peternak sapi di Nagori Karang Anyar Kecamatan Gunung Maligas. Dinas terkait dari Kecamatan didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Banjarsari melaksanakan pemberian vaksin kepada hewan ternak sapi dan kambing yang berada di Nagori tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mekanisme Door to Door System ke pada para Pemilik Hewan Sapi dan setelah dilakukan penyuntikan Vaksin PMK Sapi diberikan anting IRTEK berwarna kuning sebagai tanda Sapi telah tervaksin. Tak lupa petugas yang hadir menyampaikan kepada para pengelola peternakan sapi agar selalu menjaga kebersihan kandang dan orangnya. Sesering mungkin melakukan pembersihan kotoran sapi dan menyemprotkan disinfektan. Selain itu, dapat ditambahkan dengan pemberian suplemen maupun obat-obatan hewan bila ada sapi yang terindikasi sakit. Wabah PMK pada sapi dan binatang ternak lainnya, dapat ditangani dengan cepat karenanya agar sedapat mungkin para peternak untuk melaporkan ke pihak terkait, bila ada yang terjangkit PMK.


 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved