Jumat, 15 Juli 2022

Penyemprotan Disinfektan Cegah Penularan PMK Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Bersama Dinas Terkait

Penyemprotan Disinfektan Cegah Penularan PMK Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Bersama Dinas Terkait


Simalungun  |  Penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang terus berkembang di Kabupaten Simalungun dan Kota Pematang Siantar diantisipasi Dinas Peternakan Kabupaten Simalungun dan Kota Pematang Siantar dengan menggandeng TNI untuk melakukan penyemprotan desinfektan. Dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 16/Panei Tongah jajaran Kodim 0207/Simalungun Pratu Juna Ishak turun kewilayah desa binaan untuk melaksanakan kegiatan monitoring hewan peliharaan ternak Lembu milik warga an. Bapak Anto, dan dari hasil Pemantauan Penyakit PMK pada ternak belum ada masih Nihil, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Kelurahan Panei Tongah Kecamatan Panei Kabupaten Simalungun, Jumat (15/07/2022).

Aksi ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan PMK yang bisa menyebar melalui udara. Sejumlah pasar hewan yang tersebar di wilayah Kabupaten Simalungun dan Kota Pematang Siantar pun telah menjadi sasaran aksi desinfeksi PMK yang dilakukan Tim yang tergabung dengan Perosnel Kodim 0207/Simalungun melalui Babinsanya, para Babinsa terjun langsung memimpin aksi penyemprotan ini, seperti yang pernah disampaikan Gubernur, bahwa penyakit mulut dan kuku ini penyebarannya mirip dengan Covid-19. Cuma tidak menyerang manusia. Karena itu, untuk mencegah meluasnya penyebaran kita berupaya membantu pemerintah dengan penyemprotan desinfektan,” terangnya di sela aksi penyemprotan.

Guna mencegah meluasnya penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menjangkiti hewan ternak di Kabupaten Simalungun dan Kota Pematang Siantar, Babinsa Pratu Juna Ishak turun langsung dalam aksi penyemprotan desinfektan yang dilakukan TRC BPBD Simalungun di kandang ternak milik warga binaannya, tak cuma penyemprotan, upaya mencegah penularan PMK hewan ini juga dilakukan dengan penyuntikan obat oleh mantri hewan setempat, pelaksnaan kegiatan ini akan terus menggalakkan penyemprotan desinfektan di kandang-kandang ternak, serta terus melakukan penyuntikan vitamin dan obat-obatan secara massif terhadap hewan ternak di wilayah binaan, terang Babinsa Pratu Juna Ishak.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved