Minggu, 10 Juli 2022

Laksanakan Pendampingan Penyembelihan Hewan Qurban Sapi/Lembu Oleh Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

Laksanakan Pendampingan Penyembelihan Hewan Qurban Sapi/Lembu Oleh Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun


Pematang Siantar  |  Pelaksanaan ibadah kurban tahun 2022 ini selain mengalami fase pemulihan covid-19 juga mengalami wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang mewabah pada ternak berkuku genap seperti ternak hewan kurban. Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) adalah penyakit hewan menular akut yang menyerang ternak sapi, kerbau, kambing, domba, dan babi dengan tingkat penularan mencapai 90-100%. Penyakit Mulut dan Kuku tidak bersifat zoonosis atau menular ke manusia namun dapat menimbulkan kerugian ekonomi sangat tinggi bagi pelaku usaha peternakan.

Dalam hal ini seperti halnya yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Siantar Utara jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Saji turun kewilayah binaan untuk turut serta melaksanakan kegiatan Pendampingan penyembelihan  Hewan Qurban sapi/Lembu dan pengecekan dari Penyakit Mulut dan Kuku dan menghimbau hewan yang sudah di sembelih agar kotorannya ditanam demi mencegah penyebaran virus PMK, monitoring pemantauan penyembelihan hewan Qurban dalam rangka Hari Raya Idul Adha tahun 1443 H / 2022 Masehi di wilayah Kelurahan Tanjung Tongah Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematang Siantar, Minggu (10/07/2022).

Pada kesempatan tersebut Babinsa Serda Saji mengungkapkan tanda-tanda klinis ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) diantaranya Demam tinggi (39-41 derajat celcius), Keluar lendir berlebih dari mulut dan berbusa, Luka-luka seperti sariawan pada rongga mulut dan lidah, Tidak mau makan, Pincang, Luka pada kaki diakhiri dengan lepasnya kuku, Sulit berdiri, Gemetar, Nafas cepat, Produksi susu turun drastic dan Menjadi kurus (pada ternak perah). Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengan angka kesakitan 100% yang ditandai dengan adanya pembentukan vesikel/lepuh dan erosi di mulut, lidah, gusi, nostril, puting, dan di kulit sekitar kuku dengan angka kematian tinggi pada hewan rentan muda/anakan.

Hari Raya Idul Adha di era wabah PMK sebaiknya para konsumen membeli dan memilih ternak terbaik untuk dikurbankan dengan mengikuti protokol covid-19 dan memilih ternak yang sehat tidak terserang wabah PMK, agar aman dan tetap sehat, terang Babinsa Serda Saji.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved