Sabtu, 09 Juli 2022

Kompak Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungu Cek PMK Pada Hewan Kurban Bersama Dengan Masyarakat

Kompak Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungu Cek PMK Pada Hewan Kurban Bersama Dengan Masyarakat


Pematang Siantar  |  Salah satu peran Rumah Potong Hewan (RPH) dalam Pengendalian Penyakit Hewan dan Zoonosis SANGAT ESENSIAL dan SIGNIFIKAN, terutama untuk menghindari Pemotongan HEWAN YANG SAKIT atau diduga sakit sehingga menjamin daging dan hasil ikutannya AMAN dan LAYAK dikonsumsi. Dalam hal ini seperti yang dilakuakn oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Siantar Utara jajaran Kodim 0207/Simalungun Serma Kamal Chaniago dan Serka HRP. Sihombing bersama camat Siantar Martoba, Babinkamtibmas dan Dinas peternakan Kota Pematangsiantar turut serta melaksanakan kegiatan pengecekan dan monitoring kesehatan ternak yang akan dikurbankan serta  tempat juga jumlah hewan ternak sapi/ kambing yang akan di kurban kan dalam rangka Hari Raya Idhul Adha 1443, dengan hasil dari pemantauan, seluruh hewan Ternak yang akan dikurban kan dalam keadaan sehat, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Wilayah Kecamatan Siantar Martoba terkhusus di Kelurahan Sumber Jaya Kota Pematang Siantar, Sabtu (09/07/2022).

Babinsa Kelurahan Sumber Jaya Serma Kamal Chaniago dan Serka HRP. Sihombing bersama tiga Pilar dan Petugas DKPP ( Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian ) telah dilaksanakan Kegiatan Pemeriksaan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap Hewan Ternak (Sapi) yang akan di sembelih, Babinsa Serma Kamal Chaniago saat dilokasi Pemotongan Hewan menuturkan, Selain itu, RPH diharapkan mampu mendeteksi adanya penyakit hewan sehingga dapat sesegera memberikan informasi ke pemerintah daerah dan otoritas kesehatan hewan baik di tempat RPH berada dan tempat (daerah) asal hewan sehingga dapat dilaksanakan tindakan agar tidak terjadi penyebaran penyakit yang meluas.

Kejadian wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) seperti saat ini, peran RPH “semakin VITAL” dalam pengendalian wabah PMK. Sistem di RPH dapat menjamin pemotongan hewan yang sehat dan layak untuk konsumsi serta menjamin kesehatan lingkungan dari pencemaran kuman-kuman yang berbahaya bagi manusia dan hewan, ucapnya.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved