Sabtu, 23 Juli 2022

Jadi Paskibraka Butuh Mental Dan Fisik Yang Kuat, Personel Kodim 0207/Simalungun Latih Siswa’i SMA Katolik

Jadi Paskibraka Butuh Mental Dan Fisik Yang Kuat, Personel Kodim 0207/Simalungun Latih Siswa’i SMA Katolik


Simalungun  |  Menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tidaklah mudah. Tak hanya mahir baris berbaris, namun membutuhkan mental dan fisik yang kuat. Hal ini juga yang dirasakan oleh para Personel Babinsa jajaran Kodim 0207/Simalungun disaat melatih anggota Paskibraka untuk persiapan pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-77 mendatang diwilayah Kabupaten Simalungun, dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 12/Saribu Dolok jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Darwin Purba turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan melatih anggota Paskibra Siswa-siswi SMA Katolik Saribudolok Kecamatan Silimakuta, dalam pelaksanaan melatih Paskibraka tersebut yang dilaksanakan bertempat di Lapangan Sekolah SMA Katoli Saribu Dolok Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalungun, Sabtu (23/07/2022).

Pada kesempatan tersebut Babinsa Serda Darwin Purba mengungkapkan tak hanya kesiapan fisik, ia juga harus menyiapkan mental agar bisa tetap terlatih dengan baik dan disiplin. " Latihan dari jam 8 pagi, istirahat makan jam 12 siang (Isoma), jadi memang sangat capek dan ketat,” selain ada pada kegiatan pramuka, latihan baris berbaris juga menjadi salah satu materi yang harus dikuasai oleh anggota Paskibraka, dengan adanya latihan baris berbaris ini, maka anggota paskibraka akan belajar bagaimana hidup teratur dan tertib setiap harinya, adapun maksud daripada baris berbaris ini adalah suatu perwujudan latihan fisik dengan tujuan menanamkan kebiasaan agar membentuk watak tertentu, ungkap Babinsa Serda Darwin Purba.

Serda Darwin Purba mengungkapkan adapun tujuan Latihan Baris Berbaris ini adalah, untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa disiplin, serta tanggung jawab. Menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas mengarahkan pertumbuhan tubuh agar sehat secara jasmani serta dapat menjalankan berbagai tugas pokok dengan sempurna. Menumbuhkan rasa persatuan, yakni rasa senasib dan sepenanggungan serta ikatan yang terjalin diperlukan untuk menjalankan tugas. Menumbuhkan sikap disiplin, artinya mengutamakan kepentingan tugas dibanding kepentingannya sendiri. Serta menumbuhkan rasa tanggung jawab, yaitu berani untuk bertindak, mengambil risiko yang sifatnya menguntungkan tugas, dan tidak melakukan tindakan yang bisa merugikan atau menimbulkan risiko untuk dirinya, terangnya.

Lebih lanjut Babinsa Serda Darwin Purba mengatakan Manfaat latihan baris berbaris untuk Paskibraka adalah, untuk menumbuhkan rasa disiplin karena peserta harus mendengarkan dan menjalankan aba-aba yang diberikan. Menumbuhkan rasa kebersamaan antar peserta karena secara tidak langsung mereka dilatih untuk bekerja sama dalam mengikuti dan menjalankan aba-aba. Meningkatkan daya konsentrasi karena dalam baris berbaris setiap peserta dituntut memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi untuk mendengarkan setiap instruksi yang diberikan hingga bergerak sesuai dengan aba-abanya. Serta melatih solidaritas dan rasa setia kawan di antara para peserta baris berbaris, tutup Babinsa Serda Darwin Purba.

Ditempat terpisah Danramil 12/Saribu Dolok Kapten Inf Binsar Panjaitan mengatakan Babinsa melatih Paskibraka, Saat ini mereka tengah disiapkan untuk menjadi petugas pengibar bendera saat upacara peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022 yang ke-77 mendatang dan mereka juga akan bertugas saat penurunan bendera pada 17 Agustus petang di SMA Katolik Saribudolok, tutup Danramil.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved