Breaking News

Himbau Masyarakat Agar Waspadai Penyakit Ternak PMK Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun


Simalungun  |  Dengan melaksanakan Komsos bersama warga masyarakat binaan yang merupakan peternak sapi di Desa binaan, dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Perdagangan jajaran Kodim 0207/Simalungun Serka Untung turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan Ibu Esty pemilik ternak sapi yang terkena PMK, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Huta 1 Nagori Sugarang Bayu Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun, Jumat (01/07/2022).

Penyakit PMK pada ternak hewan tidak bersifat zoonosis, artinya tidak dapat menular atau menginfeksi manusia, karenanya masyarakat tidak perlu panik dan khawatir dalam mengonsumsi daging dan susu, asal diolah atau dimasak dengan benar, maka aman, dalam hal ini Babinsa Serka Untung dengan turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama dengan warganya dengan memberikan arahan tentang  kewaspadaan dini terhadap warga yang mempunyai hewan ternak, agar warga selalu waspada dan lebih berhati-hati.

Pada kesempatan tersebut Bintara dalam Komsosnya Babinsa Serka Untung mengungkapkan bahwa saat ini telah terjadi beberapa kasus tentang maraknya penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak jenis sapi, sehingga menjadi kekhawatiran baru ditengah masyarakat. “Penyakit ini rentan menulari hewan ternak seperti, sapi, kerbau, kambing dan domba”, jelasnya.

Kekhawatiran tersebut juga disampaikan oleh salah satu warga desa binaan yang memiliki hewan ternak sapi, masih dalam kegiatan komsosnya Babinsa Serka Untung berpesan kepada peternak agar selalu memperhatikan faktor kebersihan kandang, sebagai salah satu cara pencegahan dini supaya tidak tertular penyakit tersebut. “Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk segera melapor apa bila hewan ternak mereka mengalami sakit sehingga dapat segera ditanganani oleh dinas kesehatan hewan agar tidak terjadi penularan terhadap hewan lain”, terangnya.


 

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN