Selasa, 24 Mei 2022

Danramil 07/AJ Kodim 0208/Asahan Hadiri Rapat Mengantisifasi Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) Bagi Hewan Ternak

Danramil 07/AJ Kodim 0208/Asahan Hadiri Rapat Mengantisifasi Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) Bagi Hewan Ternak


Asahan  |  PMK atau dikenal sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) dan Apthtae Epizooticae adalah penyakit hewan menular berisfat akut yang disebabkan oleh virus.

Dalam literatur yang dipublikasikan situs-situs pemerintah daerah, penyakit ini berasal dari virus tipe A dari keluarga Picornaviridae, genus Apthovirus. Masa inkubasinya antara 2 - 14 hari. Penyakit ini rentan menulari hewan ternak seperti sapi, kerbau, unta, gajah, rusa, kambing, domba dan babi. Dalam kesempatan ini seperti yang dilakukan oleh Komandan Koramil (Danramil) 07/Air Joman Kapten Inf Syaifullah bersama dengan Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda Ali Imron jajaran Kodim 0208/Asahan turut serta menghadiri Rapat mengantisifasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bagi hewan ternak di wilayah Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan, Selasa (24/05/2022).

Agenda rapat diantaranya, Pendataan dan pengecekan hewan ternak khususnya Sapi/Lembu serta pelaporkan, Penyetopan sementara pembelian/pasokan ternak dari luar daerah, Menjaga kebersihan kandang ternak dan makanannya serta danlain yang berkaitan dengan PMK.

Pada pelaksanaan kegiatan menghadiri Rapat mengantisifasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bagi hewan ternak di wilayah Kecamatan Silau Laut tersebut turut serta dihadiri oleh, Camat SL, Danramil 07/Air Joman, Kapolsek Air Joman, Mantri Ternak Kecamatan Silau Laut, Babinsa, Babinkamtibmas Kecamatan Silau Laut, Para Kades se-Kecamatan Silau Laut dan Staf Kecamatan Silau Laut.

Pada kesempatan tersebut Danramil mengungkapkan penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak terus meluas, kasus ini kembali muncul setelah Indonesia dinyatakan bebas PMK lebih dari tiga dekade lalu. Kasus pertama kali ditemukan di Gresik, Jawa Timur pada 28 April 2022, dan telah mengalami peningkatan kasus rata-rata dua kali lipat setiap harinya. Sejauh ini pemerintah telah mengambil langkah karantina wilayah untuk hewan ternak, rencana pengadaan vaksinasi termasuk membentuk satuan tugas, terang Danramil.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved