Senin, 24 Januari 2022

Bangkitkan Jiwa Patriotisme Prajurit, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Laksanakan Upacara Bendera Merah Putih

Bangkitkan Jiwa Patriotisme Prajurit, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Laksanakan Upacara Bendera Merah Putih


Simalungun  |  Guna menjunjung nilai patriotisme kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Kodim 0207/Simalungun gelar upacara bendera rutin setiap hari senin yang bertempat di Lapangan Bola Makoramil 08/Siantar, Jalan Asahan Km.5,5 Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Senin (24/01/2022).

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Mayor Inf Fransisco Andi Sidahuruk (Kasdim 0207/Simalungun) sedangkan Perwira Upacara dijabat oleh Kapten Inf Bangsawan Harahap dan selaku Komandan Upacara Kapten inf D Sembiring (Danramil 02/ST) yang diikuti oleh para Perwira Staf, Danramil serta Prajurit dan PNS Kodim 0207/Simalungun, lebih dari itu, terlihat para prajurit dan PNS yang turut serta dalam pelaksanaan upacara tersebut juga tampak begitu bangga dan antusias.

Usai pelaksanaan Upacara Mayor Inf Fransisco Andi Sidahuruk menyampaikan rasa terima kasihnya, atas motivasi yang bersinergi dari seluruh anggota, yang telah menanam nilai patriotisme pahlawan terdahulu, serta kesadaran yang tinggi untuk melaksanakan upacara bendera senin ini, berarti kita telah mewujudkan rasa terima kasih terhadap pahlawan yang telah gigih dalam memperebutkan NKRI dari tangan penjajah, “ungkapnya.

Lebih lanjut Mayor Inf Fransisco Andi Sidahuruk mengungkapkan Upacara seperti ini sangat penting untuk lebih memupuk jiwa patriotisme dan nasionalisme, semangat bela negara, serta tentunya juga untuk mengenang jasa para pahlawan, dengan demikian rasa patriotisme harus selalu tertanam di dalam sanubari kita selaku warga negara Indonesia yang diaplikasikan dalam upacara bendera melalui penghormatan bendera merah putih tadi, imbuhnya.

Untuk itu saya tekankan, ketika lunturnya nilai patriotisme di dalam diri selaku Prajurit dan PNS TNI, itu kemungkinan disebabkan dari jarangnya, bahkan tidak pernahnya dalam melaksanakan upacara bendera, baik hari senin maupun hari kebesaran Republik Indonesia lainnya, maka dari itu saya mengajak kepada seluruh Prajurit dan PNS Kodim 0207/Simalungun yang mulai melunturkan nilai tersebut agar direnungkan kembali untuk membangkitkannya, sehingga rasa patriotisme kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sama-sama kita cintai dan banggakan ini tetap tertanam dan selalu berkibar di sanubari kita bersama, pungkas Kasdim.

Dia pun menilai, upacara yang dilaksanakan tersebut sangat penting untuk memupuk nilai-nilai kebangsaan, terlebih bagi dirinya yang sebagai prajurit TNI. Selain itu ditambahkannya bahwa, upacara juga sangat baik sebagai sarana untuk menumbuhkembangkan sikap disiplin bagi setiap prajurit. "Perlu kesadaran untuk dapat mengikutinya. Makanya upacara bendera dapat memupuk semua hal dalam diri prajurit untuk menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam setiap tugas," terangnya.

Kebanggan dan antusias mereka dalam mengikuti upacara bendera telah menunjukkan kesiapan mereka di awal minggu ini dalam menyongsong berbagai tugas dan pengabdian yang bangsa dan negara berikan, tutup Kasdim.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved