Senin, 19 Juli 2021

Melalui Personel Koramil 01/Siantar Utara Jajaran Kodim 0207/Simalungun Dampingi Dinas Terkait Swab Antigen

Melalui Personel Koramil 01/Siantar Utara Jajaran Kodim 0207/Simalungun Dampingi Dinas Terkait Swab Antigen


Pematang Siantar  |  Berbagai upaya terus dilakukan untuk memutus penyebaran Covid 19. Seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Siantar Utara jajaran Kodim 0207/Simalungun Sertu Erison Manihuruk turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan mendampingi Puskesmas Kahean Kecamatan Siantar Utara dalam rangka pelaksanaan Swab Antigen terhadap 15 (lima belas) orang warga Kelurahan Kahean yang kontak langsung dengan warga yang teridentifikasi Covid-19 dan warga yang baru datang dari luar daerah dalam pelaksanaan Swab Antigen tersebut telah dinyatakan 2 (dua) orang teridentifikasi Covid-19, An. Saudara Polim AM. Lubis, umur 40 thn, alamat Jalan Mahoni Gang Dori Kelurahan Kahean Kecamatan Siantar Utara (Isolasi Mandiri), Saudari Elis Panggabean, umur 52 tahun, alamat Jalan Damar Laut Kelurahan Kahean (Isolasai Mandiri) Kota Pematang Siantar, Senin (19/07/2021).

Pada kesempatan tersebut disela-sela kegiatan tersebut Babinsa Sertu Erison Manihuruk mengatakan demi kelancaran tas Swab antigen ini Babinsa selalu mendukung kelancaran sekaligus keamanan kegiatan tersebut. Babinsa diterjunkan melakukan pendampingan di setiap lokasi, pemeriksaan Swab Rapid Test Antigen dalam rangka deteksi dini dan upaya melindungi orang dengan resiko tertular virus Covid-19, bahwa dengan adanya Rapid Antigen  diharapkan bisa membantu untuk pencegahan dan penularan virus Covid 19.

Pada kesempatan tersebut itu juga petugas Puskesmas Kahean Kecamatan Siantar Utara mengungkapkan “Kita dari Puskesmas lakukan swab antigen kepada keluarga dan tetangga yang pernah kontak erat dengan pasien, untuk memutus penyebaran virus,” ungkap Petugas Puskesmas Ibu Rini disela-sela pelaksanaan tracing dan swab kepada warga binaan Babinsa.

Dijelaskannya, rapid antigen kepada kontak erat bertujuan untuk mendeteksi virus corona dengan memberikan hasil diagnosis yang cepat, yaitu hanya dalam waktu 15 menit. Tes antigen sendiri merupakan tes imun yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang menunjukkan adanya infeksi virus saat ini. “Alhamdulillah setelah kita lakukan swab antigen, kontak erat semuanya negatif. Tetapi kita minta agar tetap melakukan isolasi mandiri. Apabila di kemudian hari ada gejala atau indikasi, segera hubungi saya,” imbuh Ibu Rini.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved