Senin, 14 Juni 2021

Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Hadiri Rapat Pemuktahiran Data IDM Berbasis SDGs

Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Hadiri Rapat Pemuktahiran Data IDM Berbasis SDGs



Simalungun  |  Mutakhirkan data IDIM SDGs Nagori Marihat Mayang dilakukan oleh Personil Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10/Balimbingan jajaran Kodim 0207/Simalungun Serma Marianto turun kewilayah binaan untuk menghadiri Undangan Rapat Pemuktahiran data IDM berbasis SDGs Nagori Marihat Mayang dan Nagori Jawa Baru, dalam pelaksanaan Rapat tersebut diselenggarakan bertempat di Balai Nagori Marihat Mayang Kecamatan Huta Bayu Raja Kabupaten Simalungun, Senin (14/06/2021).

Babinsa Serma Marianto mengatakan sesuai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis tentang Pemutakhiran Data indeks desa membangun berbasis SDGs yang menjelaskan metode pemutakhiran data berbasis SDGs Desa itu sama seperti halnya saat mendata calon penerima BLT DD. Tim relawan nantinya akan melakukan pendataan. Dan Operasional kegiatan bisa didanai oleh dana desa. Babinsa juga menyampaikan bahwa, Sesuai Kemdes PDTT bahwa Desa berpotensi untuk melakukan pendataan yang akurat karena ruang lingkupnya yang relatif kecil. Apalagi jika pendataan itu dilakukan oleh warga desa itu sendiri di bawah komando Wali Nagori. Dan untuk menyukseskan pemutakhiran data tersebut Kemdes PDTT juga akan memfasilitasi terkait dengan aplikasi yang digunakan untuk pendataan, ujar Babinsa.

Secara terpisah Ia menuturkan SDGs memenuhi kebutuhan akan detil pembangunan yang lebih sesuai dengan kondisi riil dan diterjemahkan sampai level desa menjadi SDGs Desa. Karenanya mendata dari desa, dusun, keluarga dan individu adalah satu-satunya kesempatan untuk memutakhirkan data mikro dengan maksud dan tujuan untuk mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data. ”Diharapkan nantinya Tim Relawan Pendataan SDGs Desa dapat melaksanakan alur tahapan pendataan berbasis Data Desa, Kepala Keluarga dan Individu secara maksimal agar didapatkan data yang akurat sebagai dasar bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan pembangunan prioritas dan berkelanjutan ” kata Serma Marianto.Turut hadir dalam kegiatan diantaranya adalah Pangulu Marihat mayang Bapak Sunggul sihombing, Pangulu Nagori Jawa Baru, Babinsa Koramil 10, serda HSP Hutabarat, Babinkabtibnas, Perwakilan DPMN kabupaten, dan Perangkat Nagori Marihat mayang dan Nagori Jawa Baru.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved