Rabu, 24 Maret 2021

Doni Monardo: Banyak Turis Asing di Bali Melanggar Prokes

  Doni Monardo: Banyak Turis Asing di Bali Melanggar Prokes

Doni Monardo: Banyak Turis Asing di Bali Melanggar Prokes

SULUH POS ■ Pemerintah mewajibkan warga untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes) dalam upaya menekan angka penularan Covid-19. Sebaliknya banyak turis asing yang berlibur ke Bali malah melanggar protokol kesehatan.

Perilaku para turis asing itu disorot Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Oleh sebab itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemda Bali diminta untuk bekerja keras meningkatkan pengawasan protokol kesehatan di daerah wisata Pulau Dewata tersebut.

Doni Monardo mengaku, belakangan banyak mendapat laporan dari Bali tentang adanya sejumlah turis asing yang kurang memperhatikan protokol kesehatan.

“Perlu diperbanyak upaya-upaya lewat tim yang ada dari Parekraf, Dinas Pariwisata dan juga pelibatan dari tokoh adat pecalang serta aparat yang ada untuk mengingatkan pengawasan,” kata Doni Monardo.

Menurut Doni, tidak ada satu pun negara di dunia sekarang ini yang belum terpapar pandemik Covid-19. Karenanya pengawasan protokol kesehatan harus selalu dijaga sehingga tidak melanggar prokes.

“Semua warga negara asing termasuk warga negara kita yang kembali dari luar negeri wajib prokes. Yang terjangkit Covid-19 sangat banyak,” tegas Ketua Satgas Penanganan Covid-19 itu.

Catatan Satgas Covid-19, jumlah kasus positif Covid-19 yang terdeteksi di pintu masuk negara sudah mencapai 1.758 orang sejak 28 Desember lalu. Mereka yang terpapar virus Corona terdiri dari 165 WNA, 1.593 WNI (repatriasi).

Kasus positif WNA berdasarkan kewarganegaraannya berasal dari Qatar 18, Jepang 17, UEA 16, Korea 10, Turki 9, Malaysia 6, Singapura 6, Taiwan 4, dan Hong Kong 3 orang.

Terkait hal ini, Satgas Penanganan Covid-19 tetap mengingatkan agar semua pihak, khususnya pemerintah daerah konsisten dan maksimal menerapkan kebijakan PPKM. Bahkan warga yang telah divaksin harus tetap menerapkan protokol kesehatan 3M dengan ketat, agar dapat memberikan perlindungan yang optimal.

"Sebab, upaya pemerintah memutus rantai penyebaran dan penularan Covid-19 akan efektif bila disertai dukungan dari masyarakat. Caranya dengan displin menjalankan prokes 3M yaitu, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak atau menghindari kerumunan," ujarnya. (Rls)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved