Jumat, 20 Januari 2023

Kelompok Lamtoras Ibarat Pepatah di Kasih Hati Minta Jantung

Kelompok Lamtoras Ibarat Pepatah di Kasih Hati Minta Jantung


Simalungun  |  Kelompok masyarakat yang mengatas namakan kelompok Lamtoras terus berulah untuk kesekian kali nya.aksi yang terus menerus di lakukan oleh kelompok LAMTORAS tersebut, seakan ingin menunjukan bahwa mereka tidak takut lagi dengan Hukum.

Aksi biadap warga masyarakat yang mengatasnamakan, Lembaga Adat Keturunan Ompu Mamontang Laut Ambarita Sihaporas  atau (Lamtoras), yang terus menghambat aktifitas para pekerja PT Toba Pulp Lestari (TPL) di Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun Sumatra Utara, membuat geram aliansi masyarakat sipolha sihaporas. Kamis tanggal 19 Januari 2023.

kurang lebih seratus lima puluh(150) orang, dari aliansi masyarakat sipolha sihaporas, mendatangi kantor Humas Toba Pulp Lestari (TPL, dengan maksud  Mendesak PT. Toba Pulp Lestari (TPL) agar tidak melakukan pembiaran terhadap kelompok komunitas yang mengklaim bahwa lahan TPL tersebut adalah tanah adat mereka (Lamtoras,)mereka juga adalah pendatang yang menguasai tanah adat sihaporas.


Apalagi menurut ketua aliansi masyarakat sipolha sihaporas Rikkot Damanik,mengatakan, sejarahnya lahan perkampungan sihaporas adalah merupakan pemberian dan peninggalan dari kakek mereka terdahulu, jadi bagaimana komunitas lamtoras bisa mengklaim bahwa lahan tersebut tanah adat mereka?

“Perkampungan sihaporas itu merupakan peninggalan dan warisan dari orang-orang tua kami terdahulu kepada kami keturunannya. Jadi tidak masuk di akal mereka kelompok LAMTORAS mengklaim sihaporas adalah tanah adat mereka,” ujar Rikkot.

Selanjutnya kata Rikkot Damanik, bertahun-tahun mereka diami tanah leluhur mereka, mereka diam dan tidak mengganggu, namun karna sudah keterlaluan perbuatan mereka, maka kami dari aliansi masyarakat sipolha sihaporas menindak dengan tegas.

“Kok mereka pulak yang merajalela di tanah adat kami, seperti pepatah di kasih hati mau jantung,” ujar Rikkot.

Dan Sebagai perlawanan terhadap kelompok yang mengatas namakan kelompok Lamtoras, aliansi masyarakat sipolha sihaporas Kecamatan Pamatang Sidamanik, Kabupaten Simalungun, memasang spanduk di wilayah yang sudah diklaim masyarakat lamtoras dan bertuliskan apabila ada yang merusak spanduk tersebut, akan berhadapan dengan aliansi masyarakat sipolha sihaporas.(Zul)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved