Breaking News

Korem 022/PT Laksanakan Upacara Memperingati Hari Kesaktian Pancasila


Pematang Siantar  |  Komandan Korem (Danrem) 022/PT Kolonel Inf Luqman Arief S.I.P, yang diwakilkan oleh Kepala Seksi Rencana Korem 022/Pantai Timur Letkol Kav A.R Dalimunthe, S.E., M.M., menjadi Inspektur Upacara pada pelaksanaan kegiatan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022,  kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Lapangan Makorem 022/PT Jalan Asahan Km 3,5 Nagori Estate Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Sabtu (01/10/2022).


Pada kesempatan tersebut Kepala Seksi Rencana Korem 022/Pantai Timur Letkol Kav A.R Dalimunthe, S.E., M.M., mengungkapkan Hari kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tanggal 30 September 1965 melakukan kudeta berdarah, dengan tujuan merebut pemerintahan yang sah dan mengganti ideologi Pancasila dengan komunisme-sosialisme. Revolusi berdarah ini mengalami kegagalan. Pancasila masih tegak kuat menjadi Dasar Negara Republik Indonesia yang merupakan pandangan hidup dan pemersatu bangsa Indonesia. Pancasila terdapat butir-butir yang mengandung nilai yang mengatur hubungan antar manusia dengan pencipta, hubungan manusia dengan manusia dan cara bermasyarakat dan bernegara. Pancasila tidak dapat dirubah dengan ideologi apapun, Pancasila mengandung nilai-nilai luhur yang harus ditanam sebagai kepribadian bangsa Indonesia.


Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara dalam perjalanan telah mengalami berbagai gangguan, cobaan dan rintangan, namun Pancasila tetap kokoh, hadir melekat dan menyatu dalam kehidupan warga negara Indonesia karena memang Pancasila adalah karakter dan kepribadian bangsa Indonesia. Terus diyakini bahwa Pancasila tetap menjadi solusi bagi bangsa Indonesia.


Diharapkan sebagai Prajurit Korem 022/PT melalui Hari Kesaktian Pancasila hendaknya kita dapat menggali kembali makna yang terkandung dalam Pancasila. Setiap Prajurit tertanam jiwa Pancasila sehingga menjadi kekuatan untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman apapun.

Turut hadir dalam pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila tersebut, para Pasi Korem 022/PT, para Dankasatdisjan, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Korem 022/PT dan Disjan.

 

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN