Jumat, 26 Agustus 2022

Pembibitan Tanaman Keras Dalam Rangka Penghijauan Dan Penyelamatan Ekosistem Danau Toba Dilakukan Satgas PAM

Pembibitan Tanaman Keras Dalam Rangka Penghijauan Dan Penyelamatan Ekosistem Danau Toba Dilakukan Satgas PAM


Simalungun  |  Persyaratan tempat persemaian dan pembibitan Tanaman Keras harus dipenuhi diantaranya lahan memiliki kemiringan lebih dari 15% dan lahan berpasir kasar, untuk tahap kegiatan yang dilakukan untuk membangun tempat pembibitan yang baik adalah Penyiapan lokasi pembibitan, penyiapan sarana dan prasarana, pelaksanaan pembibitan, pemeliharaan bibit. Dalam halini salah satu komoditas tanaman perkebunan untuk pemindahan bibitnya dilakukan maksimal pada stadium jarum karet, beberapa faktor yang mempengaruhi perkecambahan biji diantaranya Kematangan benih dan Dormansi.


Oleh sebab itu bibit yang akan ditanam harus memenuhi mutu genetik dan mutu fisik fisiologis. Mutu genetik menginformasikan tentang asal sumber benih, dengan demikian, mutu genetik akan berhubungan dengan kualitas pohon yang dijadikan sebagai penghasil benih untuk pembibitan. Jika pohon induk yang digunakan berkualitas baik, maka akan lebih berpeluang menghasilkan anakan yang baik. Pada kesempatan ini, Personel Satgas PAM Pembibitan laksanakan kegiatan Pembibitan Tanaman Keras dalam rangka penghijauan dan penyelamatan ekosistem Danau Toba, dalam pelaksanaannya bertempat di PT. TPL Sektor Aek Nauli Desa Sihaporas Kecamatan Pematang Sidamanik Kabupaten Simalungun, Jumat (26/08/2022).


Pada kesempatan tersebut Kapenrem 022/PT Mayor Inf SH Tanjung mengatakan, dalam okulasi untuk perbanyakan tanaman dengan mengambil mata tunas kemudian dilakukan penempelan mata tunas pada batang yang telah disayat sehingga diharapkan tumbuh tunas yang baru, dengan tehnik pengikatan okulasi yang tepat dari bawah ke atas untuk keberhasilan okulasi selain dipengaruhi oleh bahannya juga dipengaruhi teknik pengikatannya, terang Kapenrem.


Untuk kegiatan Satgas Pembibitan saat ini dengan melaksanakan pemeliharaan bibit tanaman keras masyarakat (durian, jengkol dan petai) di Areal Campt RN-D Tpl Aek Nauli, Satgas Penghijauan dengan melaksanakan pendampingan pembersihan Campt pembibitan dan perumahan bersama dengan Karyawan Tpl dan melaksanakan Patroli disektor Pembibitan.

Untuk merawat tanaman mulai dari pembibitan, penyiapan lahan sampai dengan perawatan, dengan adanya kegiatan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat dalam rangka penghijauan dan penyelamatan ekosistem Danau Toba di wilayah Sektor Aek Nauli Desa Sihaporas, tidak hanya itu saja melainkan masih banyak lagi manfaat yang diperoleh. Momen ini dapat juga sebagai wahana mengajarkan kepada generasi muda untuk mencintai alam, dengan mencintai alam maka kehidupan akan nyaman, tutup Mayor Inf SH Tanjung.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved