Breaking News

Kegiatan Penerima Dana Kompensasi Penataan KJA Dihadiri Dandim 0207/Simalungun


Simalungun  |  Komandan Kodim (Dandim) 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem.,M.Han., turtu serta mengahdiri kegiatan Penerima Dana Kompensasi Penataan Kerambah Jaring Apung (KJA) kepada warga Masyarakat, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Dusun Sualan Nagori Sibaganding Kecamatan Girsang Simpangan Bolon Kabupaten Simalungun, Selasa (09/08/2022).

Tepatnya di Dusun Sualan Nagori Sibaganding Kecamatan Girsang Simpangan Bolon kegiatan Penerima Dana Kompensasi Penataan Kerambah Jaring Apung (KJA) yang telah dilaksanakan, adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem., M.Han., Sekda Simalungun Drs. Esron Sinaga, M.Si., Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung., S.H.,S.I.K., MH., Kadis Pariwisata Simalungun Bapak M Fikri F Damanik, S.I.P., MS., Kasi Intel Kejari Bapak Asor Oli Daiv Siagian, SH., Kadis ketahanan Pangan,Perikanan dan Peternakan Kabupaten Simalungun ROBERT Pangaribuan.SP., M.Si., Kasatpol PP kabupaten Simalungun Bapak Atnadi Girsang., Camat Girsang Sipanganbolon Maruwandi Yosua Simaibang SP, M.Si, dan Masyarakat yang menerima bantuan dana kompensasi penataan kerambah jaring apung (KJA).

Pada kesempatan tersebut Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem.,M.Han., dalam sambutannya mengatakan, Kami sebagai aparat kewilayahan menghimbau kepada masyarakat untuk Mendukung program pemerintah ini demi kemajuan daerah kita menuju destinasi wisata yang lebih maju, bersih indah dan nyaman. Salah satu sumber devisa paling besar di Indonesia adalah Pariwasata, oleh karna itu mari kita sama-sama saling mendukung, untuk membangun daerah kita menjadi destinasi wisata yang banyak diminati pengunjung/wisatawan, jangan mereka jadikan sebagai tempat persinggahan/ transit saja, terang Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I.Pem.,M.Han.

Lebih lanjut Dandim mengungkapkan kita patut bersyukur bahwa Danau Toba termasuk salah satu Destinasi wisata prioritas yang di pilih oleh pemerintah pusat maka dari itu kita harus menjaga Danau Toba agar para wisatawan dalam negeri maupun luar negeri datang ke Danau Toba. Dalam pelaksanaan penertiban Keramba Jaring Apung (KJA) agar tetap kondusif demi kepentingan kita bersama, terang Dandim.

Bupati Simalungun yang diwakili Sekda Simalungun juga mengatakan berdasarkan hasil rapat kordinasi antara Pemerintah Kabupaten Simalungun dengan para petani Keramba Jaring Apung diperairan Danau Toba diwilayah Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, yang dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2022 yang membahas rencana penertiban Keramba Jaring Apung di perairan Danau Toba diwilayah Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Sesuai dengan laporan Bupati Simalungun, progress penertiban KJA di wilayah Kabupaten Simalungun tahap I, telah dilakukan  pengurangan jumlah keramba di Nagori Sibaganding Kecamatan Girsang Sipanganbolon sebanyak 171 kotak milik 57 KK petani KJA  dengan kesepakatan pemilik memperoleh biaya kompensasi /ganti rugi sebesar Rp.5.000.000 per kotak. Forkopimda Simalungun secara simbolis menyerahkan dana kompensasi ganti rugi kepada 4 orang perwakilan pemilik Keramba Jaring Apung (KJA) yang ada di wilayah Huta Sualan Nagori Sibaganding Kec, Girsang Simpangan Bolon.

Kemudian Forkopimda Kabupaten Simalungun melakukan peninjauan ke lokasi Keramba Jaring Apung di Huta Sualan yang akan dilakukan penertiban, dengan menggunakan 1 unit kapal Speed Boat dan pembongkaran Keramba Jaring Apung (KJA) dilakukan oleh Satpol-PP, Babinsa dan Babintakipnas. Adapun pendataan, jumlah Keramba Jaring Apung diperairan Danau Toba di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun sbb : Jumlah KJA = 1.081 kotak. Yg blm ditertibkan : 910 kotak. Yg sdh ditertibkan Tahap I : 171 kotak.

Adapun lokasi KJA (Kerambah jaring apung) yang akan di tertibkan sbb : Dusun Sualan, Jumlah KJA : 833 kotak. Yang sudah ditertibkan tahap I  : 116 kotak. Yang belum ditertibkan : 717 kotak. Dusun Sibaganding, Jumlah KJA : 16 kotak. Yang sudah ditertibkan : 3 kotak. Yang belum ditertibkan : 13 kotak. Dusun Panahatan : Jumlah KJA : 232 kotak. Yang sudah ditertibkan : 52 kotak. Yang belum ditertibkan: 180 kotak. Dana kompensasi/ganti rugi tersebut diberikan kepada 20 KK pemilik 261 KJA  sebesar Rp 5.000.000 / kotak ( Rp 5.000.000 x 261 kotak = Rp1.305.000.000,- )  yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Simalungun tahun 2022 melalui Dana BTT ( Belanja Tidak Terduga). kegiatan selesai dilaksanakan dalam keadaan aman dan lancar.


 

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN