Selasa, 23 Agustus 2022

Dandim 0207/Simalungun Dampingi Kapolres Simalungun Dan Staf Ahli Gubsu Mediasi Dengan Masyarakat Sihaporas

Dandim 0207/Simalungun Dampingi Kapolres Simalungun Dan Staf Ahli Gubsu Mediasi Dengan Masyarakat Sihaporas


Simalungun  |  Komandan Kodim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B. S.I.Pem., M.Han, dampingi Kapolres Simalungun AKBP Ronald Sipayung dan Staf Ahli Gubsu turun langsung memimpin Patroli dan pembersihan jalan yang diblokir oleh masyarakat ada sebanyak 10 (sepuluh) portal yang bersihakan dari jalan umum menuju lokasi pembibitan serta pembersihan portal di sepanjang jalan menuju Nagori Sihaporas dikawasan Hutan Tanaman Industri PT. Toba Pulb Lestari, Senin (22/08/2022).

Saat ingin melakukan patroli dan pembersihan portal, personel polres sempat dihadang oleh masyarakat adat Sihaporas yang ada dilokasi tersebut. Menurut informasi, yang membuat portal jalan tersebut adalah masyarakat sihaporas. Portal jalan itu dibuat untuk menghentikan aktifitas PT.TPL di lokasi itu.

Saat dihadang, personel Polres Simalungun dengan masyarakat sempat adu mulut dan cekcok, bahkan saat itu polisi dan masyarakat sempat saling dorong namun situasi kembali kondusif setelah Kapolres Simalungun kembali mengajak perwakilan masyarakat untuk berdiskusi.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung mengatakan, bahwa patroli yang dilakukan guna untuk memastikan dan mengecek informasi yang diterima pihaknya, terkait adanya masyarakat lamtoras di sihaporas yang melakukan penutupan-penutupan jalan, dengan menebang pohon dan kemudian melentangkan nya di tengah jalan, sehingga tidak bisa diakses dan dilewati. "Dan memang tadi kita ke sini kita temukan itu, kurang lebih ada 10(sepuluh) titik, dan kita tadi langsung melakukan tindakan pembersihan, kita memotong pohon-pohon yang menghalangi jalan" ucap Kapolres Simalungun.

Selanjutnya, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy dalam kesempatan itu dalam hal ini kami hadir untuk menerima aspirasi dari bapak-bapak dan memberikan pengamanan agar tidak ada pihak yang melakukan kehendak tersendiri. Semua saran akan kami sampaikan kepada Bupati dan pimpinan kami, karena pemerintah daerah lah yang berhak memberikan keputusan.

Kehadiran kami juga berdasarkan perintah atasan untuk melakukan peninjauan terhadap wilayah Kabupaten Simalungun berhubung adanya program Go green dan melaksanakan Patroli dalam rangka penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan diwilayah Kodim 0207/Sml. Untuk itu kami meminta kepada masyarakat Lamtoras agar tidak menghalangi kegiatan atau aktivitas apapun diwilayah Kodim 0207/Sml ini dan meminta masyarakat sekalian untuk mendukung kebijakan pemerintah untuk dilakukan Gogren di wilayah Danau Toba karena berkurangnya debit air danau toba. Masalah sengketa lahan antara masyarakat Lamtoras dengan pihak PT. TPL perjuangkan secara hukum yang sah dan akan kami bantu dari kedua belah pihak untuk di follow up oleh pemerintah daerah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0207/Sml Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B. S.I.Pem., M.Han., Kapolres Simalungun AkBP Ronald F.C, Sipayung, S.I.K., M.H., Kakan Satpol PP Pak Gabriel, Personil Res Simal sebanyak 116, BKO Polwan Poldasu 2 Pleton, Personil Kodim 0207/Sml 35 Orang, Brimob Kompi 2 Pematangsiantar 1 pleton dan Satpol PP Simalungun 1 Pleton.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved