Kamis, 14 Juli 2022

Monitoring Penyakit Mulut Dan Kuku Pada Hewan Ternak Diwilayah Binaan Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun

Monitoring Penyakit Mulut Dan Kuku Pada Hewan Ternak Diwilayah Binaan Dilakukan Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun


Pematang Siantar  |  Harapan sebagai Babinsa diwilayah Kota Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun agar situasi Kamtibmas di wilayah binaan tetap aman dan kondusif serta warga masyarakat peternak Sapi, Lembu, Kambing dan Babi tidak tertular penyakit PMK, dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 03/Siantar Selatan jajaran Kodim 0207/Simalungun Serka B Manurung turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan melakukan monitoring dalam rangka Perkembangan situasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan Ternak Lembu diwilayah binaan pada Kandang ternak Lembu milik masyarakat, Posko Terpadu Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan Lembu, Kambing, Domba dan lain-lain yang dilaksanakan bertempat di Kelurahan Mekar Nauli Kecamatan Siantar Marihat Kota Pematang Siantar, Kamis (14/07/2022).

Dengan melakukan Monitoring dan Pengecekan terhadap Kandang ternak Lembu milik masyarakat yang terindikasi menderita Penyakit Mulut dan Kuku di Kelurahan Mekar Nauli Kecamatan Siantar Marihat, adapun kandang ternak yang dicek adalah milik Bapak Supri yang berlokasi di Dusun Silaumangi Kelurahan Mekar Nauli, jumlah ternak 44 ekor, Sakit 39 ekor, Sehat 4 ekor, Qurban 1 ekor, untuk penyemprotan 1 kali dan diangon 38 ekor. Bapak Sutrisno yang bertempat di Dusun Silaumangi Kelurahan Mekar Nauli Kecamatan Siantar Marihat, untuk jumlah ternak 15 ekor, Sakit 15 ekor, untuk di kandang tidak ada seluruhnya di angon 15 ekor. Bapak Tumiran yang berada di Dusun Silaumangi Kelurahan Mekar Nauli, Jumlah Ternak 32 ekor, Sakit 1 ekor. Sehat 31 ekor, dikandang 8 ekor dan di angon 24 ekor. Bapak Joko Eko Prajoso beralamat di Jalan Pattimura Ujung Dusun Silaumangi Kelurahan Mekar Nauli, Jumlah Ternak 50 ekor, Sakit 1 ekor, Sehat 48 ekor, Diqurban 1 ekor dan di angon 48 ekor. Ibu Afriany yang beralamat di Dusun Silaumangi Kelurahan Mekar Nauli, Jumlah Ternak 12  ekor, Sehat 12 ekor berada di kandang 12 Ekor. Bapak Sutrisman berada di Dusun Silaumangi Kelurahan Mekar Nauli, Jumlah Ternak 6 ekor, Sehat dan di Kandangkan. Bapak Khairul Anwar Panggabean beralamat di Dusun Silaumangi Kelurahan Mekar Nauli, Jumlah Ternak 26 ekor, mati 1 ekor, Sakit 2 ekor, Sehat 22 ekor, qurban 1 ekor dan penyemprotan 1 kali. Bapak Andi Pratam di Dusun Silaumangi, Jumlah Ternak 5 ekor, Sakit 3 ekor, qurban 2 ekor, untuk penyemprotan 1 kali. Bapak Rujiman di Dusun Silaumangi, Jumlah Ternak 8 ekor, Sakit 1 ekor dan Sehat 7 ekor dan di kandang 8 ekor.

Bahwa hewan Ternak yang Terjangkit PMK di Kelurahan Mekar Nauli Masih sama dengan Sebelumnya, dengan melaksanakan penyemprotan desinvektan untuk ternak kandang Milik Peternak oleh Dinas terkait dilakukan di 1 tempat. Hasil koordinasi dan Keterangan warganya menerangkan bahwa Bahwa PMK untuk perkembangan hewan yang berada di peternakan warga sudah dilakukan pemeriksanan dan ada yang terjangkit PMK terkait Penyakit Mulut dan kuku. Babinsa Serka B Manurung menghimbau pemilik Ternak untuk tetap menjaga kesehatan hewan peliharaaan dan apabila terdapat gejala penyakit segera menghubungi tenaga penyuluh kesehatan hewan dari Dinas terkait tutup Babinsa Serka B Manurung.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved