Rabu, 06 Juli 2022

Latih PBB Kepada Pelajar SMP, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Bentuk Karakter Dan Kedisiplinan

Latih PBB Kepada Pelajar SMP, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Bentuk Karakter Dan Kedisiplinan


Simalungun  |  Untuk menumbuhkan rasa Cinta Tanah Air, Bangsa dan Negara, dalam hal ini seperti yang dilakukan oleh Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 09/Tiga Balata jajaran Kodim 0207/Simalungun Serka James Pakpahan dan Serda Eddy Siagian turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan melatih PBB bagi siswa SMP Negeri 2 Tiga Balata dalam rangka memberikan latihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB)  kepada siswa-siswi dan untuk dipersiapkan untuk anggota Paskibraka tingkat Kecamatan, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di di Lapangan Upacara Kecamatan Dolok Panribuan Kecamatan Dolok Panribuan Kabupaten Simalungun, Rabu (06/07/2022).

Wujud sinergitas Babinsa ditunjukkan dalam  kegiatan pelatihan PBB kepada siswa siswi SMP sebagai anggota Paskibra tingkat Kecamatan, materi yang diberikan meliputi PBB ditempat maupun berjalan, dalam upaya menyiapkan HUT RI di Tahun ini, agar lebih siap dalam melaksanakan tugasnya. Menurut Babinsa Serka James Pakpahan, pelatihan PBB ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa disiplin dan kepemimpinan bagi setiap siswa, selain itu juga untuk membentuk jiwa Siswa yang tanggap, tangguh dan trengginas, sebagai bekal menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi nantinya. "Dengan adanya pelaksanaan kegiatan latihan ini, maka secara tidak langsung kita semua telah membantu pihak sekolah khususnya dan pihak pemerintah Kemantren Pakualaman pada umumnya dalam menyiapkan upacara HUT RI Tahun ini,” ucap Babinsa Serka James Pakpahan.

Ditambahkan oleh Babinsa Serda Eddy Siagian, kegiatan ini diadakan untuk melatih kedisiplinan, rasa tanggung jawab generasi muda. “Guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya watak seseorang agar memiliki disiplin yang tinggi dan berkarakter serta menjauhkan dari hal-hal negatif dengan cara disibukkan pada serangkaian kegiatan pembinaan ekstrakurikuler di sekolah," ujarnya.

Lebih lanjut Babinsa Serda Eddy Siagian mengatakan bahwa latihan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan para siswa-siswi agar lebih disiplin dan menguasai gerakan demi gerakan sebagai pasukan pengibar bendera, sekaligus untuk membina para Paskibra agar dapat melaksanakan tugas sebagai pengibar bendera dengan baik nantinya. “Tujuan latihan ini untuk membentuk dan memupuk jiwa nasionalisme. Dalam kegiatan tersebut Babinsa melatih secara teori, praktek peraturan baris berbaris dan disiplin. Derap langkah yang tegas dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat Paskibra untuk melaksanakan tugas. Karena Kekompakan anggota Paskibra tercermin dari sikap disiplin dalam melaksanakan baris berbaris dan membentuk formasi,” ujar Babinsa Serda Eddy Siagian.

Ia mengatakan pembinaan dan pelatihan Paskibra tidaklah cukup hanya dengan belajar baris berbaris saja, karena tujuan latihan Paskibra adalah untuk menciptakan kader-kader terampil dan pintar serta mengenal bangsa dan negara sehingga pada akhirnya terbentuklah generasi bangsa yang kuat baik secara fisik, mental, maupun pikiran, kemudian menambahkan dalam memberikan latihan, selain menerapkan protokol kesehatan kami juga memberikan imbauan untuk selalu patuhi protokol kesehatan terutama saat berkegiatan di luar rumah terkait pandemi yang belum usai,” jelas Babinsa Serda Eddy Siagian.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved