Minggu, 24 Juli 2022

Cegah Wabah PMK Diwilayah Binaan, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Blusukan Monitoring Kesehatan Hewan Ternak

Cegah Wabah PMK Diwilayah Binaan, Personel Jajaran Kodim 0207/Simalungun Blusukan Monitoring Kesehatan Hewan Ternak


Simalungun  |  Dari beberapa sumber menyebutkan bahwa, PMK ini tidak menjangkiti manusia, sehingga Babinsa berharap Masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panic, dalam hal ini Personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10/Tanah Jawa jajaran Kodim 0207/Simalungun Serda Dwiono turun kewilayah binaan untuk melaksanakan kegiatan Monitoring PMK pada hewan peliharaan warga masyarakat binaan, dalam rangka untuk mencegah penyebaran dan penularan wabah PMK pada hewan ternak milik warga masyarakat di wilayah, kegiatan tersebut yang dilaksanakan bertempat di Nagori Dolok Sinumbah Kecamatan Huta Bayu Raja Kabupaten Simalungun, Minggu (24/07/2022).

Pada kesempatan tersebut Babinsa Serda Dwiono dengan melaksanakan kegiatan pemantauan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di wilayah binaan, Babinsa Serda Dwiono mengatakan,  akan terus melaksanakan pemantauan pada hewan ternak di wilayah Wonorejo agar tidak terjadi penyebaran penyakit ( PMK ) pada hewan di wilayah binaannya. "Kita mengimbau kepada warga, bila menemukan indikasi atau tanda-tanda PMK pada sapi tersebut, maka segeralah melaporkannya dengan pihak terkait agar segera ditindak lanjuti." ujarnya.

Dengan melaksanakan pemantauan dan monitoring pada hewan ternak di kandang warga masyarakat, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dalam membantu mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sedang merebak pada hewan ternak di beberapa daerah. "Tujuannya agar para peternak sapi dapat memahami dan mengerti dalam menangani penyakit PMK yang sedang merebak dan menjangkiti hewan ternak, serta dapat mengatasi permasalah tersebut secara mandiri” Ungkap Serda Dwiono.

Dalam pemantauan tersebut Babinsa Serda Dwiono menyambangi ternak warga, tepatnya di Nagori Dolok Sinumbah Kecamatan Huta Bayu Raja dari hasil pemantauan yang dilakukan oleh Babinsa, ternak sapi di kandang dalam keadaan sehat dan tidak ada tanda tanda yang menunjukkan terjangkit PMK pada sapi tersebut. Menurutnya, bila menemukan indikasi atau tanda-tanda PMK pada sapi tersebut, maka pihaknya sesegera mungkin akan melaporkannya dengan pihak terkait agar segera ditindak lanjuti, tutup Babinsa Serda Dwiono.


 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN | All Right Reserved