Breaking News

Danrem 022/PT Dampingi Pangdam I/BB Pada Kegiatan Pencanangan Penghijauan Daerah Tangkapan Air Danau Toba


Simalungun  |  Kodam I Bukit Barisan bersama PT Inalum (Persero) melakukan pencanangan penghijauan di lahan TNI AD di kawasan Daerah Tangkapan Air (DTA) Danau Toba, Kabupaten Simalungun.

Pangdam l/Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P., M.M., yang didampingi langsung oleh Danrem 022/Pantai Timur Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung, S.A.P, melaksanakan Kegiatan Pencanangan Penghijauan Seluas 10 Ha Di DTA (Daerah Tangkapan  Air) Danau Toba Kerja Sama Kodam I/Bukit Barisan Dengan PT. Inalum (Persero) yang dilaksanakan bertempat di Desa Sosorpea Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Kamis (13/01/2022).


Kegiatan menanam 4.000 bibit pohon Macadamia dan 1.000 bibit Mahoni di area seluas 10 Ha ini dilakukan secara simbolis oleh Pangdam I/BB, Mayjen TNI Hassanudin, SIP, MM, bersama Direktur Pelaksana PT Inalum (Persero), Sophia Issabella Wattimena. Sebelum penanaman bibit pohon, Pangdam I/BB dan Danrem 022/PT serta rombongan pejabat teras di jajaran Kodam I/BB, secara simbolis memberikan bibit pohon kepada unsur TNI, Polri dan komponen masyarakat untuk ditanam di kawasan Danau Toba.


Menurut Mayjen TNI Hassanudin, S.I.P., M.M., dalam sambutanya mengungkapkan penghijauan merupakan sarana untuk melestarikan ling-kungan, agar kembali asri dan sehat tanpa adanya pencemaran. selain itu, dengan adanya penghijauan akan menurunkan suhu suatu tempat, sehingga oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan akan membuat lingkungan lebih segar, nyaman dan asri.

Penghijauan ini merupakan  implementasi dari sinergitas antara Kodam I/Bukit Barisan dengan PT. Inalum (Persero) yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi hutan, melestarikan lingkungan dan ekosistem di daerah tangkapan air Danau Toba. Kerja sama penghijauan ini akan menanam di lahan tni ad dengan luas 10 ha dengan bibit  tanaman 4.000 macadamia dan 1.000 mahoni. yang mana kegiatan ini berjalan selama 3 tahun, diawali tahap penanaman pada Tahun 2021, dilanjutkan Tahun 2022 tahap perawatan Tahun pertama dan Tahun 2023 perawatan Tahun kedua, dari 3 tahapan tersebut diharapkan tanaman dapat hidup dengan maksimal.


Pangdam menjelaskan, kerja sama penghijauan ini merupakan implementasi dari sinergitas antara Kodam I/BB dengan PT Inalum (Persero) yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi hutan, melestarikan lingkungan dan ekosistem di DTA Danau Toba. "Mudah-mudahan dengan kerja sama penghijauan ini, kita bisa mengurangi dampak global warming (pemanasan global), menurunkan suhu udara, memperbanyak oksigen, serta membuat lingkungan lebih segar, nyaman dan asri," ucap Pangdam.

Sebelum Penyerahan bibit pohon Pangdam I/BB juga menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada perwakilan masyarakat, dan selanjutnya Pangdam I/BB, Danrem 022/PT, Danrindam I/BB, Bupati Simalungun, Direksi PT. Inalum dan Aster Kasdam I/BB secara simbolis memberikan bibit pohon kepada unsur TNI, Polri dan komponen masyarakat untuk ditanam di kawasan Danau Toba serta dilanjutkan penanaman bersama bibit pohon secara simbolis di pinggiran Danau Toba.

Dalam kesempatan itu, turut hadir mendampingi Pangdam l/BB diantaranya Danrem 022/PT, Danrindam I/BB, Asops Kasdam I/BB., Aslog Kasdam I/BB. Aster Kasdam I/BB. Kapendam I/BB, Bupati Simalungun, Direktur pelaksana PT. Inalum (persero) dan kepala BPDAS  hutan lindung Asahan Barumun. Dandim 0207/Sml,  Dandim 0210/TU, Dandodiklatpur Rindam I/BB.

0 Komentar

© Copyright 2022 - SULUHPOS.COM | PANDUAN MASA DEPAN